Perbandingan Tingkat Aktivitas Fisik Siswa Kelas III Antara Sekolah Dengan Sistem Pembelajaran Full Day School Dan Non Full Day School / Achmad Miftakhul Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan Tingkat Aktivitas Fisik Siswa Kelas III Antara Sekolah Dengan Sistem Pembelajaran Full Day School Dan Non Full Day School / Achmad Miftakhul Ulum

Ulum, Achmad Miftakhul (2018) Perbandingan Tingkat Aktivitas Fisik Siswa Kelas III Antara Sekolah Dengan Sistem Pembelajaran Full Day School Dan Non Full Day School / Achmad Miftakhul Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

school tingkat aktivitas fisik Indonesia merupakan Negara berkembang yang saat ini berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memajukan bangsa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah di bidang pendidikan. Beberapa usaha yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia salah satunya mengacu pada Peratuan Menteri Pendidikan No.23 tahun 2015 yaitu dengan penerapan progam full day school(Leasa Batlolona 2013 74). Sebelum adanya full day school sistem pembelajaran yang digunakan adalah non full day school yaitu pembelajaran dengan jam belajar lebih sedikit mulai pukul 07.00 13.00. Secara umum sistem pembelajaran full day school sama denga non full day school akan tetapi dalam sistem pembelajaran full day school memiliki waktu yang lebih lama yaitu dari pukul 07.00-15.00. Harapan dari program full day school tidak hanya matang dalam segi akademis namun juga dari segi karakter dan waktu pelajar dapat terisi di sekolah. Type equation here. Pada kedua sekolah yang dijadikan subjek penelitian adalah milik pemerintah dan menggunakan kurikulum yang sama yaitu menggunakan kurikulum 2013 dengan sarana dan prasarana belajar yang juga hampir sama dan didukung dengan guru yang bekompeten. Rancangan pada penelitian ini adalah komparatif. Penelitian dilakukan di SDN Gadang 1 Kota Malang menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 108 siswa dan di SDN Pakisaji 1 Kabupaten Malang dengan jumlah sampel 63 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner sedangkan analisis data menggunakan uji independent T-test dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil rata-rata tingkat aktivitas fisik pada SDN Gadang 1 menunjukkan nilai 1 69 dan 1 67 pada SDN Pakisaji 1 Kabupaten Malang. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat aktivitas fisik pada siswa kelas 3 dengan sistem pembelajaran full day school dan non full day school. Hasil uji independent T-test menunjukkan sig.(2-tailed) 0.39 atau lebih besar dari 0.05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat aktivitas fisik siswa kelas III di sekolah dengan sistem pembelajaran full day school dan non full day school tidak terdapat perbedaan. akan tetapi rata-rata tingkat aktivitas siswa kelas 3 SDN Gadang 1 lebih baik dikarenakan setiap selesai pembelajaran akademik siswa melaksanakan ekstrakurikuler hingga pembelajaran di sekolah berakhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51362

Actions (login required)

View Item View Item