Pelatihan kader pemberdayaan masyarakat (studi kasus proses pembelajaran pelatihan kader pemberdayaan masyarakat di BKMPM Kota Malang) / Marta Kusuma Rachmadanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelatihan kader pemberdayaan masyarakat (studi kasus proses pembelajaran pelatihan kader pemberdayaan masyarakat di BKMPM Kota Malang) / Marta Kusuma Rachmadanti

Rachmadanti, Marta Kusuma (2015) Pelatihan kader pemberdayaan masyarakat (studi kasus proses pembelajaran pelatihan kader pemberdayaan masyarakat di BKMPM Kota Malang) / Marta Kusuma Rachmadanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmadanti Marta Kusuma. 2015. Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Pembelajaran Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat di BKBPM Kota Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. S. Mundzir M.Pd (2) Drs. Lasi Purwito MS. Kata Kunci Kader Pemberdayaan Masyarakat Pelatihan Pembelajaran Pelatihan kader pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh BKBPM Kota Malang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kader pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan mengenai gambaran umum lembaga dan proses pembelajaran dalam sebuah pelatihan yang dilaksanakan oleh sebuah instansi pemerintahan yang bukan merupakan sebuah lembaga kepelatihan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan pilihan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi serta menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi data. Kegiatan analisis data menggunakan analisis data spiral. Lokasi penelitian dilakukan di BKBPM Kota Malang yang bertempat di Jl Ki Ageng Gribik no 5 Malang. Pengecekan keabsahan data dalam peneliltian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penyelenggara telah mempersiapkan sesuai dengan kebutuhan dalam pelatihan yang sesuai dengan unsur pembelajaran diantaranya (1) Peserta pelatihan berasal dari masyarakat yang berminat mengikuti dan mampu berperan menjadi kader pemberdayaan (2) metode yang digunakan dalam pelatihan diusahakan dapat menarik perhatian peserta dan dikondisikan dengan suasana belajar (3) media pembelajaran digunakan lebih menarik peserta pelatihan dalam menyerap informasi dan sesuai dengan kondisi peserta yang kebanyakan adalah orang dewasa (4) materi pembelajaran disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah pelatihan (5) Pelatih dituntut untuk dapat menguasai materi dan karakteristik peserta pelatihan (6) evaluasi pembelajaran digunakan untuk mengetahui keberhasilan peserta dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan BKBPM Kota Malang hendaknya dalam perencanaan lebih dipersiapkan mengenai kepanitian agar jumlah peserta pelatihan dengan panitia lebih seimbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item