Pendidikan dan pelatihan kader mubaligh Muhammadiyah (studi kasus proses pembelajaran bagi kader mubaligh Muhammadiyah oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang) / Rino Hayyu Setyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan dan pelatihan kader mubaligh Muhammadiyah (studi kasus proses pembelajaran bagi kader mubaligh Muhammadiyah oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang) / Rino Hayyu Setyo

Setyo, Rino Hayyu (2015) Pendidikan dan pelatihan kader mubaligh Muhammadiyah (studi kasus proses pembelajaran bagi kader mubaligh Muhammadiyah oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang) / Rino Hayyu Setyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyo Rino Hayyu 2014. Pendidikan dan Pelatihan Kader Mubaligh Muhammadiyah (Studi Kasus Proses Pembelajaran bagi Kader Mubaligh Muhammadiyah oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. S. Mundzir M.Pd (2) Drs. Ahmad Mutadzakir M.Pd. Kata Kunci Pelatihan Proses Pembelajaran Kader Mubaligh Muhammadiyah Pendidikan dan Pelatihan Kader Mubaligh ialah program pelatihan yang diselenggarakan oleh Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang. Penelitian yang dilaksanakan untuk mengetahui proses pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh panitia. Proses pembelajaran yang diteliti mempunyai harapan untuk melihat fakta baru tentang kajian proses pembelajaran pelatihan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dirancang dalam bentuk deskriptif. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah triangulasi untuk reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini.(1) Profil penyelenggara pelatihan yaitu Corps Mubaligh Muhammadiyah yang merupakan salah satu bidang didalam Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang. (2) Proses pembelajaran pelatihan yang menemukan empat unsur pembelajaran yaitu (a) sikap dan kompetensi pelatih atau pemateri saat menyampaikan materi yang diamanahkan dari penyelenggara (b) metode yang digunakan pemateri untuk menarik perhatian peserta pelatihan agar waktu berjalannya pelatihan sesuai tujuan (c) media yang digunakan untuk membantu pelatih dalam menyampaikan materi (d) penilaian hasil belajar dalam agendaa pelatihan kader mubaligh Muhammadiyah (e) keterkaitan antar unsur pembelajaran dalam pelatihan kader mubaligh Muhammadiyah. (3) Kendala dalam melaksanakan Pelatihan Kader Mubaligh Muhammadiyah karena terakhir terselenggara acara pada tahun 2002. Saran dari penelitian ini adalah (1) bagi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelatihan dengan menyusun agenda yang lebih rinci sesuai dengan tujuan dan cita-cita dakwah Muhammadiyah. (2) bagi Jurusan PLS sebagai pengembangan keilmuan PLS terutama konsentras program kelas pelatihan untuk mengetahui dan menganalisis penyelenggaraan tentang pendidikan kader yang diselenggarakan oleh lembaga masyarakat sebagai bentuk kegiatan pendidikan luar sekolah (3) bagi peneliti lain agar mengembangkan hasil penelitian ini dengan metode dan fokus yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item