Pemanfaatan kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) sebagai proses pembelajaran masyarakat: studi deskriptif program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM-MP) Perdesaan di Desa Nglinggo Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk / Siti Nur Pita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) sebagai proses pembelajaran masyarakat: studi deskriptif program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM-MP) Perdesaan di Desa Nglinggo Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk / Siti Nur Pita Sari

Sari, Siti Nur Pita (2015) Pemanfaatan kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) sebagai proses pembelajaran masyarakat: studi deskriptif program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM-MP) Perdesaan di Desa Nglinggo Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk / Siti Nur Pita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Siti Nur Pita. 2015. Pemanfaatan Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Dalam Proses Pembelajaran Di Masyarakat. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Moh. Ishom Ihsan M.Pd (2) Drs. H. Nurhadi M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan Proses pembelajaran yang terjadi menggambarkan bahwa pembelajaran yang ini merupakan tujuan yang ingin dicapai dari program PNPM-MP itu sendiri guna menjadikan masyarakat desa lebih berdaya di daerahnya khususnya dalam hal ini untuk kesetaraan gender yaitu perempuan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan proses pembelajaran yang terjadi lewat kegiatan SPP yang meliputi (1) mengetahui kegiatan Simpan Pinjam Perempuan sebagai Proses Pembelajaran Masyarakat (2) mengetahui cara pengelolaan dana Simpan Pinjam Perempuan sebagai Proses Pembelajaran Masyarakat dan (3) faktor pendukung dan penghambat Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penggalian data menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari Ketua UPK Ketua BKAD dan Ketua serta Anggota Kelompok SPP. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah terjadinya pembelajaran yaitu anggota kelompok SPP mendapatkan pembelajaran tentang pengorganisasian kerjasama komunikasi serta pengelolaan dana pinjaman yang telah dikelola oleh kelompok. Dari Hasil penelitian diatas disarankan (1) Bagi kelompok SPP yaitu a) Konsisten mengelola dana pinjaman agar bisa berkembang usahanya. b) Memiliki inisiatif pengembangan usaha atau mengajukan pelatihan kewirausahaan terkait ke desa. c) Kerjasama antar kelompok lebih solid untuk membangun basis usaha kelompok dan membuat ide produk olahan unggulan khas daerah. (2) Bagi UPK dan pihak terkait meliputi a) Monitoring hendaknya dilakukan sacara terus menerus dan berkala sehingga masyarakat lebih terakomodir. b) UPK hendaknya menyiapkan lahan pemasaran produk hasil usaha atau pameran khusus untuk menarik minat konsumen dari luar daerah. c) UPK memberikan bahan evaluasi kinerja program yang lebih bermanfaat dan berkembang untuk masyarakat miskin khususnya dan masyarakat yang berkembang pada umumnya terutama yang memiliki keterampilan dan usaha yang ingin dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5133

Actions (login required)

View Item View Item