Persepsi peserta pemberdayaan ekonomi kaum muda terhadap kompetensi trainer character building di Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur-Plan Indonesia / Khusnul Dyah Aftika Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi peserta pemberdayaan ekonomi kaum muda terhadap kompetensi trainer character building di Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur-Plan Indonesia / Khusnul Dyah Aftika Rahma

Rahma, Khusnul Dyah Aftika (2015) Persepsi peserta pemberdayaan ekonomi kaum muda terhadap kompetensi trainer character building di Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur-Plan Indonesia / Khusnul Dyah Aftika Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahma Khusnul Dyah Aftika. 2015. Persepsi Peserta Pemberdayaan Ekonomi Kaum Muda terhadap Kompetensi Trainer Character Building di Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur-Plan Indonesia. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Umi Dayati M.Pd (II) Dr. Zulkarnain Nasution M.Pd M.Si Kata Kunci Persepsi Peserta Kompetensi Trainer Pemberdayaan Ekonomi Kaum Muda Program Pemberdayaan ekonomi kaum muda atau Youth Economic Empowerment (YEE) adalah salah satu program Plan Indonesia yang dilaksanakan dengan Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur. Pihak Kadin-Plan merencanakan melatih 2500 peserta dengan mengutamakan kaum marjinal pendidikan rendah dan kaum perempuan. Pelatihan ini juga menggandeng mitra seperti perusahaan maupun Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM). Pelatihan yang dilaksanakan selalu ada dengan program pembekalan yakni materi dari Plan Indonesia. Materi tersebut yaitu gender keuangan dan character building. Ketiga materi ini selalu diikutsertakan dalam setiap pelatihan yang diadakan. Materi dari Plan juga disampaikan oleh trainer dari pihak Kadin-Plan yang tidak pernah berganti terutama pada pelatihan Character Building. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang persepsi peserta pelatihan terutama terhadap kompetensi trainer. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini hanya mendeskripsikan persepsi peserta terhadap kompetensi trainer. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 orang peserta. Teknik penggambilan sampel menggunakan total sampling yang artinya menjadikan seluruh populasi sebagai sampel oleh karena itu sampel dalam penelitian ini ada 36 orang peserta pelatihan Character Building. Instrumen yang digunakan dengan menggunakan angket/kuesioner. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi peserta pelatihan terhadap pelatihan Character Building tergolong dalam kategori baik yakni 86 11% atau 31 responden (2) peserta memiliki persepsi baik terhadap kompetensi pedagogi/andragogi dengan persentase 55 56% atau sebanyak 20 orang responden (3) peserta pelatihan memiliki persepsi sangat baik terhadap kompetensi kepribadian dengan 88 88%atau sebanyak 32 orang responden (4) peserta pelatihan juga memiliki persepsi sangat baik terhadap komoetensi sosial trainer dengan 83 33% atau 30 orang responden (4) serta persepsi sangat baik pada kompetensi profesional dengan 80 56% atau 29 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi pihak penyelenggara bisa menambah waktu materi pelatihan Character Building (2) tahap perencanaan peserta bisa dilibatkan agar pelatihan sesuai kebutuhan peserta dan (3) hasil penelitian ini bisa jadai referensi sebagai bahan evaluasi pelatihan sehingga penelitan selanjutnya bisa lebih menkaji pada tahap perencanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item View Item