Evaluasi kondisi fisik tim bolavoli putra UABV Universitas Negeri Malang / Stevanus Fredy Dwi Cristantyo

Cristantyo, Stevanus Fredy Dwi (2019) Evaluasi kondisi fisik tim bolavoli putra UABV Universitas Negeri Malang / Stevanus Fredy Dwi Cristantyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fredy, Stevanus. 2019. Evaluasi Kondisi Fisik Tim Bolavoli Putra UABV Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. dr. Moch. Yunus, M.Kes. Kata Kunci: kondisi fisik bolavoli Permainan bolavoli sangat dibutuhkan kemampuan kondisi fisik yang baik dari setiap pemain, kondisi fisik yang baik digunakan untuk mendukung gerakan dalam bermain. Kondisi fisik yang kurang baik tidak bisa mendukung pelaksanaan gerak yang sesuai dengan tuntutan permainan bolavoli yang membutuhkan tenaga besar, pemain bolavoli yang tidak memiliki kondisi yang baik akan sulit untuk mencapai prestasi maksimal. Kondisi fisik sangat penting digunakan oleh pelatih dalam penyusunan program latihan. Kondisi fisik juga dapat digunakan sebagai salah satu unsur dalam seleksi pemain bolavoli disebuah tim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kondisi fisik tim bolavoli putra UABV Universitas Negeri Malang, dan memberikan manfaat yang baik untuk unit kegiatan mahasiswa UABV Universitas Negeri Malang dalam membina kondisi fisik. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan metode survei. Dalam menentukan tingkat kondisi fisik bolavoli ada beberapa macam komponen, komponen kondisi fisik bolavoli yang dilaksanakan pada tim bolavoli UABV dengan melalui tujuh indikator tes, tes power lengan mengguakan instrumen two hand medicine ball-put, tes menggunakan instrumen bleep test, tes kelentukan menggunakan instrumen flexometer, tes kelincahan menggunakan instrumen shuttle run, tes koordinasi menggunakan instrumen lempar tangkap bola tenis, tes kekuatan lengan menggunakan instrumen push up, dan tes daya ledak otot tungkai menggunakan instrumen vertical jump. Hasil penelitian tes kondisi fisik diketahui untuk rata-rata dari seluruh tes yang sudah dilakukan yaitu tes power lengan 60% kategori cukup, tes daya tahan 42,6% kategori kurang sekali, tes kelentukan togok 62,6% cukup, tes kelincahan 73,3% kategori cukup, tes koordinasi 80% baik, tes kekuatan otot lengan 45,3% kurang sekali dan tes daya ledak otot tungkai 77,3% baik. Jadi secara keseluruhan rata-rata tingkat kondisi fisik tim bolavoli putra UABV Universitas Negeri Malang adalah 63,4% masuk pada kategori cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51316

Actions (login required)

View Item View Item