Manajemen kurikulum PAUD (studi kasus di PG-TK Islam Plus Qurrota A'yun Kelurahan Gadang Kecamatan Sukun, Kota Malang) / Hesti Maihani - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum PAUD (studi kasus di PG-TK Islam Plus Qurrota A'yun Kelurahan Gadang Kecamatan Sukun, Kota Malang) / Hesti Maihani

Maihani, Hesti (2015) Manajemen kurikulum PAUD (studi kasus di PG-TK Islam Plus Qurrota A'yun Kelurahan Gadang Kecamatan Sukun, Kota Malang) / Hesti Maihani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maihani Hesti. 2015. Manajemen Kurikulum PAUD (Studi Kasus di PG-TK Islam Plus Qurrota A yun Kel. Gadang Kec. Sukun Kota Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Zulkarnain M.Pd M.Si (II) Drs. Ahmad Mutadzakir M. Pd. Kata kunci manajemen kurikulum PAUD Manajemen atau pengelolaan merupakan komponen integral dan tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan karena tanpa manajemen tidak mungkin tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara optimal efektif dan efisien. Manajemen kurikulum merupakan suatu kegiatan yang dirancang secara terorganisir untuk memudahkan pengelola pendidikan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar tercapai tujuan yang diinginkan. Sistem desentralisasi pendidikan di era sekarang ini memberikan peluang kepada sekolah untuk menyusun kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah yang bersangkutan. Hal itu juga terlihat pada PG-TK Islam Plus Qurrota A yun yang telah menggabungkan kurikulum standar Kemendiknas dan kurikulum plus Qurrota A yun. Berpijak pada latar belakang itulah penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum di PG-TK Islam Plus Qurrota A yun meliputi tahap perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua orang guru. Teknik pengambilan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di PG TK Islam Plus Qurrota A yun yang meliputi perencanaan kurikulum pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit kendala antara lain adanya guru yang masih bingung dalam pembuatan rencana kegiatan belajar serta peserta didik yang bosan dalam proses kegiatan belajar-mengajar. Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan pada tiap pergantian semester pada tingkat yayasan dan setiap minggu pada tingkat sekolah. Pelaksanaan kurikulum di PG-TK Islam Plus Qurrota A yun tercermin pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sedangkan untuk evaluasinya ada evaluasi terhadap siswa dan juga evaluasi terhadap guru. Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa saran yaitu (1) Bagi seluruh warga PG-TK Islam Plus Qurrota A yun baik Kepala Sekolah para guru dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin. (2) Bagi peneliti lanjutan hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan referensi dan diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih baik dan lebih sempurna tentang manajemen kurikulum PAUD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5131

Actions (login required)

View Item View Item