Pemanfaatan buku ajar "Acuan Pengayaan" untuk kelas VI di SD Negeri Slumbung III Gandusari Blitar / Agustinus Didit Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan buku ajar "Acuan Pengayaan" untuk kelas VI di SD Negeri Slumbung III Gandusari Blitar / Agustinus Didit Susanto

Susanto, Agustinus Didit (2015) Pemanfaatan buku ajar "Acuan Pengayaan" untuk kelas VI di SD Negeri Slumbung III Gandusari Blitar / Agustinus Didit Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanto Agustinus Didit. 2013. 1 emanfaatan Buku Ajar Acuan Pengayaan untuk Kelas VI di Sd Negeri Slumhung III Gandusari Blitar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kuncr Pemanfaatan Buku Ajar Acuan Pengayaan Bahan ajar juga merupakan wujud pelayanan satuan pendidikan terhadap peserta didik. Pelayanan individual dapat terjadi dengan bahan ajar. Peserta didik berhadapan dengan bahan yang terdokumentasi. Peserta yang cepat belajar akan dapat mengoptimalkan kemampuannya dengan mempelajari bahan ajar. Peserta didik yang lambat belajar akan dapat mempelajari bahan ajarnya berulang-ulang. Dengan Demikian optimalisasi pelayanan belajar terhadap peserta didik dapat terjadi dengan bahan ajar. SD Negeri Slumbung iII Gandusari Blitar merupakan sekolah yang masih menggunakan metode pembelajaran yang didominasi dengan sistem ceramah dan tatap muka dengan sistem berpusat pada siswa (teacher centerec . Hal tersebut menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru selungga rata-rata pencapaian hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan mendiskripsihan pemanfaatan Buku Ajar Acuan Pengayaan Untuk kelas VI Di SD Negeri Slumbung IlI Gandusari Blitar yang meliputi pemanfaatannya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan Bahasa Indonesia. Penulis menggunakan penelitian deskriptif ktialitatif. Penelitian ini akan menggambarkan bagaimana Pema.tifaatan Buku Ajar Acuan Pengayaan Untuk kelas VI Di SD Negeri Slumbung IiI Gandusari Blitar dimana tntuk mengetahui bentuk manajemennya diperlukan data dari guru mata pelajaran yang mencakup 1PS PKn dan Bahasa Indonesia siswa guru lain dan kepala sekolah dan memerlukan penelusuran mendaiam mengenai Pemanfaatan Buku Ajar Acuan Pengayaan yang digunakan guru tersebut. Untuk itu analisis kualitatif sangat cocok untuk penelitian ini. Hasil dari penelitian media buku ajar Acuan Pengayaan ini divalidasikan oleh ahli materi sebanyak I orang audiens siswa untuk uji coba lapangan sebanyak 14 anak. Media buku ajar Acuan Pengayaan ini dinyatakan valid digunakan sebagai media pembelajaran dalam kapasitasnya sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran iPS PKn dan Bahasa indonesia. Hal .ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan ahli materi 95% dan siswa dalam ujicoba lapangan 89 29%. Saran pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya yaitu hendaknya guru mendorong siswa untuk memanfaatkan buku pengayaan secara terstruktur. Media buku ajar Acuan Pengayaan ini dapat digunakan sebagai acuan untuk pengembangan bahan ajar selanjutnya. Dan untuk Perlu pengembangan bahan ajar semacam media buku ajar acuan pengayaan untuk matapelajaran tain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item