Peningkatan keterampilan teknik tendangan sabit menggunakan metode drill bagian pada kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT SMA Negeri 1 Turen / Ferri Anggarusi Findrananta

Findrananta, Ferri Anggarusi (2018) Peningkatan keterampilan teknik tendangan sabit menggunakan metode drill bagian pada kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT SMA Negeri 1 Turen / Ferri Anggarusi Findrananta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Findrananta, Ferri Anggarusi. 2017. Peningkatan Keterampilan Teknik Tendang-an Sabit Menggunakan Metode Drill Bagian pada Kegiatan Ekstra-kurikuler Pencak Silat PSHT Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Turen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sapto Adi, M.Kes. Kata Kunci: peningkatan, teknik tendangan sabit, pencak silat, metode drill bagian Pencak silat merupakan olahraga prestasi yang digemari masyarakat dunia umumnya dan masyarakat Indonesia khususnya. Dalam olahraga pencak silat terdapat beberapa teknik dasar serangan yang harus dikuasai oleh seorang atlet, diantaranya: pukulan, tendangan, dan bantingan. Teknik dasar serangan yang memiliki nilai 2 dalam pertandingan pencak silat yaitu teknik tendangan. Namun pada pelaksanaan latihan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Turen menunjukkan adanya masalah yaitu penguasaan teknik tendangan sabit di bawah standar, baik yang disebabkan oleh belum adanya metode latihan yang tepat serta belum adanya program latihan. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif pemecahan yaitu dengan latihan teknik tendangan sabit menggunakan metode drill bagian. Tujuan penelitian tindakan olahraga ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik tendangan sabit yang terjadi pada siswa ekstrakurikuler pencak silat PSHT Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Turen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan olahraga dengan metode diskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui tiga siklus dan masing-masing siklus tiga kali pertemuan dengan tahapan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Turen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode drill bagian mampu meningkatkan keterampilan teknik tendangan sabit. Pada siklus 1 persentase penilaian keterampilan teknik tendangan sabit sudah meningkat dengan hasil nilai kurang baik sebanyak 25%, nilai cukup baik sebanyak 75%, dan sudah tidak ada siswa yang memperoleh nilai tidak baik. Pada siklus 2 mengalami peningkatan lagi yang mana nilai kurang baik memperoleh nilai 0%, nilai cukup baik memperoleh nilai 65%, serta nilai baik memperoleh 35%. Pada akhir siklus yakni siklus 3 siswa memperoleh nilai 100% kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill bagian, dapat meningkatkan keterampilan teknik tendangan sabit pada siswa kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Turen dengan persentase keberhasilan yang tergolong baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51281

Actions (login required)

View Item View Item