Pengaruh Latihan Squat terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai pada Pemain Bolavoli Putri BMC Kota Malang / M. Mubarrok

Mubarrok, M. (2018) Pengaruh Latihan Squat terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai pada Pemain Bolavoli Putri BMC Kota Malang / M. Mubarrok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mubarrok, M. 2017. Pengaruh Latihan Squat terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai pada Pemain Bolavoli Putri BMC Kota Malang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang: (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes. Kata kunci: bolavoli, squat, power otot tungkai, penelitian pra-eksperimen Olahraga bolavoli sangat membutuhkan latihan fisik. Salah satu komponen fisik dalam bolavoli yaitu power. Power adalah komponen fisik yang sangat dibutuhkan pada permainan bolavoli dalam melakukan smash, block,dan jump service. Untuk meningkatkan kemampuan power otot tungkai dalam permainan bolavoli dapat dilakukan dengan cara pemberian latihan squat yang dalam penelitian ini diberikan kepada atlet bolavoli putri BMC Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan squat terhadap peningkatan power otot tungkai pada pemain bolavoli putri BMC Malang, perlakuan diberikan 24 kali pertemuan selama 8 minggu, serta pretest diberikan sebelum perlakuan dan posttest diberikan setelah pertemuan terakhir perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimen dengan menggunakan ÔÇ£the one group pretest-posttest designÔÇØ. Subyek penelitian ini adalah atlet putri BMC usia 15-17 tahun dengan jumlah 20 atlet. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan daya ledak otot tungkai atlet menggunakan test vertical jump. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t amatan ulang (paired sample t test) menggunakan bantuan SPSS versi 23. Hasil dari analisis uji t amatan ulang memperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari nilai ttabel 0,05 sebesar 1,72913 yang berarti mean pretest dan posttest power otot tungkai atlet bolavoli putri BMC terdapat perbedaan. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan squat terhadap peningkatan power otot tungkai pada pemain bolavoli putri BMC Malang. Saran pemanfaatan, program latihan squat ini bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk latihan, serta menambah variasi latihan pelatih untuk meningkatkan power otot tungkai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51276

Actions (login required)

View Item View Item