Pengembangan variasi latihan finishing woodball berbasis aplikasi android / Ahmad Yunan Ari Fadlila

Fadlila, Ahmad Yunan Ari (2018) Pengembangan variasi latihan finishing woodball berbasis aplikasi android / Ahmad Yunan Ari Fadlila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fadlila, Ahmad Yunan Ari. 2017. Pengembangan Media Aplikasi Android Mengenai Variasi Latihan Finishing Cabang Olahraga Woodball. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Supriatna, M.Pd., (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd Kata kunci: Woodball, latihan finishing, media aplikasi android Variasi latihan finishing woodball merupakan rangkaian cara yang digunakan oleh pelatih woodball untuk mencapai tujuan pembelajaran yang bervariasi supaya atlet tidak menimbulkan kejenuhan dalam berlatih dengan jalan pelatih memberikan latihan-latihan secara berulang-ulang terhadap apa yang telah dipelajari atlet sehingga memperoleh hasil pukulan yang sedikit mungkin dalam permainan woodball. Berdasarkan observasi peneliti di Tiger Woodball Academy Kota Malang ditemukan 70% menyatakan bahwa latihan finishing tidak pernah diberikan dalam sesi latihan, survei ditemukan bahwa 80% mengatakan bahwa latihan pukulan finishing yang dilakukan selama ini masih tidak efektif, sebanyak 85% atlet menyatakan bahwa latihan pukulan finishing selama ini tidak sesuai dengan apa yang di harapkan, sebanyak 95% menjawab bahwa atlet woodball belum memiliki panduan latihan pukulan finishing, dari hasil di atas sebanyak 90% atlet woodball mengatakan sangat membutuhkan variasi latihan pukulan finishing di setiap sesi latihan 10% menjawab cukup membutuhkan, dari 85% atlet woodball menyatakan bahwa variasi pukulan finishing dan 75% atlet mengharapkan dikemas dalam bentuk aplikasi android Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan varias latihan pukulan finishing di Tiger Woodball Academy Kota Malang supaya pada saat pertandingan mendapatkan pukulan yang sedikit mungkin yang dikemas dalam bentuk aplikasi android guna mempermudah atlet dalam belajar sekaligus mempermudah untuk mengaksesnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil dari evaluasi ahli kepelatihan woodball dinyatakan sangat baik dengan nilai 93,75%, berdasarkan hasil dari evaluasi ahli woodball dinyatakan sangat baik dengan nilai 83,75%, berdasarkan hasil dari evaluasi ahli media aplikasi dinyatakan baik dengan nilai 99,1%, berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dinyatakan sangat baik dengan nilai 81,81%, dan berdasarkan hasil uji coba kelompok besar dinyatakan baik dengan nilai 81%. Dari tiga ahli dan dua uji coba ini dapat disimpulkan bahwa tiga evaluasi ahli dan dua uji coba menyatakan setuju dan latihan ini layak digunakan untuk atlet atau siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51253

Actions (login required)

View Item View Item