Partisipasi warga belajar pada pelatihan budidaya cacing (studi kasus pada pelatihan budidaya cacing di Kelurahan Sukun Kota Malang) / Neny Indah Istiqomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi warga belajar pada pelatihan budidaya cacing (studi kasus pada pelatihan budidaya cacing di Kelurahan Sukun Kota Malang) / Neny Indah Istiqomah

Istiqomah, Neny Indah (2015) Partisipasi warga belajar pada pelatihan budidaya cacing (studi kasus pada pelatihan budidaya cacing di Kelurahan Sukun Kota Malang) / Neny Indah Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqomah Neny Indah. 2015. Partisipasi Warga Belajar pada Pelatihan Budidaya Cacing (Studi Kasus pada Pelatihan Cacing di Kelurahan Sukun Kota Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. S. Mundzir M.Pd. (2) Sri Wahyuni S.Pd M.Pd. Kata Kunci Partisipasi Pelatihan Pelatihan budidaya cacing yang diselenggarakan oleh CV RAJ Organik Malang sangat diminati oleh masyarakat. Hal tersebut terbukti dari banyaknya alumni warga belajar yang mengikuti pelatihan budidaya cacing sebanyak 2000 orang. Walaupun untuk berpartisipasi pada pelatihan tersebut dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 00 perorang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukenali alasan warga belajar berpartisipasi pada pelatihan budidaya cacing (2) mendeskripsikan wujud partisipasi warga belajar pada pelatihan budidaya cacing (3) mengetahui strategi-strategi untuk menarik partisipasi warga belajar pada pelatihan budidaya cacing. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen untuk mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan pengecekan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi warga belajar pada pelatihan dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri warga belajar yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang budidaya cacing faktor dari luar diri warga belajar yaitu adanya pengelolaan yang relaif baik dan kemanfaatan yang diperoleh warga belajar berupa layanan untuk menjual hasil panen di tempat pelatihan. Pelatihan diminati oleh masyarakat karena manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan pelatihan dapat dirasakan oleh masyarakat. Wujud partisipasi warga belajar pada pelatihan berupa fisik yaitu warga belajar hadir dan mengikuti pelaksanaan pelatihan budidaya cacing wujud yang kedua berupa non fisik yaitu warga belajar bersedia untuk membayar pelatihan dan aktif bertanya dan menyumbangkan buah fikiran selama kegiatan proses pelaksanaan pelatihan berlangsung. Strategi yang dilakukan oleh pengelola diantaranya (1) menciptakan sebuah inovasi berupa membuat kartu anggota bagi warga belajar dan pengelola pelatihan. (2) mengatur strategi dengan cara mengatur jadwal mengatur materi pelatihan menggunakan metode yang bervariasi serta memanfaatkan sarana dan prasarana secara memadai. Berdasarkan hasil penelitian maka pihak pengelola disarankan untuk terus mengupayakan ide-ide baru dalam hal strategi pelaksanaan pelatihan agar tetap menarik dan diminati oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item View Item