Pengembangan e-module pelajaran geografi untuk kelas X semester I SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo / Roby Heri Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module pelajaran geografi untuk kelas X semester I SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo / Roby Heri Susanto

Susanto, Roby Heri (2015) Pengembangan e-module pelajaran geografi untuk kelas X semester I SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo / Roby Heri Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanto Roby Heri. 2014. Pengembangan E-Module Pelajaran Geografi untuk Kelas X Semester I SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.H. Zainul Abidin M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom Kata kunci Pengembangan E-Module Geografi Penggunaan module dalam proses belajar memiliki nilai tertentu dari segi pemanfaatannya karena pengguna dapat belajar sesuai dengan kecepatan belajar mereka. Berdasarkan observasi lapangan di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo belum menggunakan e-module dan hanya menggunakan buku teks dalam proses pembelajarannya. Oleh karna itu perlu adanya pengembangan sumber belajar yang berupa e-module yang didesain dalam bentuk CD. Produk e-module ini dikembangkan dan diuji di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo pada standar kompetensi memahami sejarah pembentukan bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk e-module sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif untuk mata pelajaran Geografi Kelas X SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Arif Sadiman yang terdiri dari 9 tahapan (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) tes/ uji coba (8) revisi (9) Produk siap dimanfaatkan. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada satu ahli media satu ahli materi uji coba perorangan dengan 2 orang siswa uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa dan uji lapangan dengan 20 orang siswa. Hasil validasi dari pengembangan e-module mata pelajaran Geografi kelas X semester 1 SMA Nurul Jadid yakni ahli materi 98 95% ahli media 85 43% uji coba siswa perorangan 97 86% uji coba kelompok kecil 98 29% dan uji coba lapangan 98 17%. Dari tes hasil belajar uji coba perorangan pada post-test persentase siswa yang memenuhi SKM 100% uji coba kelompok kecil pada post-test persentase siswa yang memenuhi SKM 100% dan uji coba lapangan pada post-test persentase siswa yang memenuhi SKM 100%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media e-module pada mata pelajaran Geografi kelas X semester 1 SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Saran bagi pengembang berikutnya dikembangkan dengan materi-materi lain sesuai karakteristik bidang studinya dan mengikuti prosedur pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item