Dampak perilaku ngempeng dalam pendidikan keluarga di Posyandu Alpukat Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang / Fikri Nazarullail - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak perilaku ngempeng dalam pendidikan keluarga di Posyandu Alpukat Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang / Fikri Nazarullail

Nazarullail, Fikri (2015) Dampak perilaku ngempeng dalam pendidikan keluarga di Posyandu Alpukat Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang / Fikri Nazarullail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nazarullail Fikri. 2015. DampakPerilakuNgempengDalamPendidikanKeluarga di PosyanduAlpukatKelurahanTanjungrejoKecamatanSukun Kota Malang.Skirpsi JurusanPendidikanLuarSekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. LasiPurwito M.S. (2) Drs. Ahmad Mutadzakir M.Pd. Kata Kunci PerilakuNgempeng Ngempengdalammengasuhanak Perilakungempengadalahsebuahkegiatandimanaorangtuamemberikansebuahpengalihanperhatiankepadaanak yang sedangrewelataumenangis. perilakungempengtersebutadalahsebuahfenomena di masyarakatsejakdahuludanpada era modern sepertisaatinimasihadaorangtua yang maumenerapkanperilakungempengtersebutkepadaanakmereka. Penelitiantersebutmenjadihal yang unikkarenaperilakungempengtersebutsudahdianggapcarapengasuhan yang masihtradisionaldanketinggalanjaman.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipenerapanperilakungempengtersebutkapandilakukandanapasajadampak yang akanterjadipadaperkembangananak. peranorangtuadalampengasuhantersebutmenjadifaktorutamaawalmulanyaperilakungempengmunculdengansebabsebagaicarauntukmembantuorangtuauntukmembantumenenangkananaknyaketikasedangrewel. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianfenomenologidenganpendekatankualitatif. Sumber data/ respondendalampenelitianiniadalahduaOrangtuaterutamaIbu. Teknikpengumpulan datayang digunakanadalahwawancaratidakterstrukturdanwawancaramendalam observasi dandokumentasi. Analisis data dilakukandenganmelakukanreduksi data penyajian data penarikankesimpulandanverifikasi. Pengecekankeabsahanpenelitianmenggunakantriangulasisumber tehnikdanwaktu. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut diperolehlimasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut yang pertamanaadalahlatarbelakangorangtuamenerapkanperilakungempengkarenangempengadalahcara yang efektifuntukmenenangkananaknya. Kedua penerapanperilakungempengdilakukanpadasaatorangtuaatauibusedangsibukbekerja saatanaksedangrewel danpadasaatanakakantidur. Ketiga perkembangananak yang ngempengberdasarkandariperkembanganbiologisnyacenderungsamadengananak yang lain perkembanganpsikisnyayaitutimbulnyaefekketergantungantergadapperilakungempeng danperkembanganpsikisnyayaitutimbulnyasifatindividualispadadirianak. keempat dampakpositifdariperilakungempengtersebutadalahcara yang cepatuntukmenenangkananakketikareweldanperilakungempengdapatmembantuorangtuauntukmengalihkanperhatiananakketikasedangsibukbekerja adaduadampaknegatifpadaanak yang ngempengyaitutimbulnyaketergantunganterhadapngempengdanketergantungantersebutmembuatanakmenghisapjempoljikaanaktidakngempeng. Kelima upaya yang dilakukanorangtua agar anaktidakketergantunganngempengadalahdenganmemberikanpengalihperhatiandenganmemberikannyaasupanmakanandansebaiknyatidapdiperkenalkannyasamasekalikepadaanak. Saran (1) BagiOrangtua hendaknyaorangtuamemperhatikandampaknegatifnyaterlebihdahulusebelummenerapkanperilakungempengkepadaanaknya karenadarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanlebihbanyakmengandungdampaknegatifnya. (2) bagi Taman PosyanduAlpukathendaknyakaderposyandumenghimbaukepadaanggotamasyarakat agar tidakmenerapkanperilakungempeng. (3) Bagipenelitianlanjutandiharapkandapatmenelititentangperilakungempengpadaanakdenganmenggunakanpendekatankuantitatifdanmelakukanpenelitianpadatempatdankondisilingkungan yang berbeda. Penelitianlanjutandiharapkanbisamenemukandampaknegatifpadaperkembanganfisikanak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item View Item