Pengembangan model latihan endurace balap sepeda nomor road race pada ekstrakurikuler balap sepeda di SMP Negeri 3 Lumajang / Ilham Nur Alam Syah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model latihan endurace balap sepeda nomor road race pada ekstrakurikuler balap sepeda di SMP Negeri 3 Lumajang / Ilham Nur Alam Syah

Ilham Nur Alam (2013) Pengembangan model latihan endurace balap sepeda nomor road race pada ekstrakurikuler balap sepeda di SMP Negeri 3 Lumajang / Ilham Nur Alam Syah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan model latihan endurance balap sepeda road race. Balap sepeda road race adalah sebuah perlombaan balap sepeda yang pesertanya banyak dan bersaing langsung satu sama lain sebagai tim dan perorangan dengan jarak tertentu sesuai standar pembalap dan kategori lomba yang menggunakan lintasan jalanan. Berdasarkan pengamatan terdapat beberapa permasalahan antara lain peserta ekstrakurikuler balap sepeda di SMP Negeri 3 Lumajang yang waktu pelaksanaan dan variasi latihannya dianggap kurang cukup. Sedangkan dari hasil analisis kebutuhan peneliti mendapatkan hasil yaitu pelatih dan peserta ekstrakurikuler balap sepeda di SMP Negeri 3 Lumajang membutuhkan model latihan balap sepeda yang bervariatif. Sehingga peneliti melakukan penelitian dan pengembangan model latihan balap sepeda. Tujuan penelitian adalah mengembangkan model latihan endurance balap sepeda nomor road race pada ekstrakurikuler balap sepeda di SMP Negeri 3 Lumajang. Tahap prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan mengambil 7 langkah dari 10 langkah yang ada yaitu penelitian dan pengumpulan data mengembangkan produk evaluasi ahli uji coba kelompok kecil revisi produk uji coba kelompok besar revisi produk akhir dengan menghasilkan produk akhir. Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Lumajang subjek uji coba terdiri (1) Tinjauan ahli dengan 2 ahli balap sepeda (2) uji coba kelompok kecil (3) Uji coba kelompok besar. Hasil evaluasi dan persentase dari 2 ahli balap sepeda menyatakan 87 5% produk pengembangan valid sehingga dapat digunakan. Kemudian dari hasil uji kelompok kecil terdapat persentase sebesar 82 2% sehingga produk dapat digunakan sedangkan persentase dari uji coba kelompok besar terdapat penilaian sebesar 83 6% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51117

Actions (login required)

View Item View Item