Transformer center sebagai lembaga pendidikan nonformal / Umi Nadra - Repositori Universitas Negeri Malang

Transformer center sebagai lembaga pendidikan nonformal / Umi Nadra

Nadra, Umi (2015) Transformer center sebagai lembaga pendidikan nonformal / Umi Nadra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nadra Umi. 2015. Transformer Center Sebagai Lembaga Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Zulkarnaen Nasution M.Pd M.Si (II) Ellyn Sugeng D S.Pd M.Pd. Kata Kunci Transformer Center Lembaga Pendidikan Nonformal Transformer Center adalah lembaga yang membantu peserta didik untuk bertransformasi dalam kehidupannya dan menciptakan karya terbaik dalam kehidupannya dengan menjadi a valuable person (menjadi individu yang berguna). Peningkatan SDM peserta didik dilakukan Transformer Center dengan memberikan pendidikan formal dan nonformal dalam proses pembelajarannya. Bentuk pendidikan formal yang diberikan kepada peserta didik yakni melalui Yayasan sekolah SMA Selamat Pagi Indonesia boarding school atau sekolah berasrama sedangkan penerapan pendidikan nonformal diterapkan di Transformer Center dimana segala pengetahuan dan pengalaman yang telah diberikan mentor diaplikasikan di Transformer Center. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal diantaranya Transformer Center menerapkan program pendidikan nonformal menurut Patrick Boyle pengelolaan Transformer Center dan proses pembelajaran di Transformer Center. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini bersifat purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan di Transformer Center yang bertempat di Jalan Pandanrejo 1 Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Temuan penelitian berupa (1) Transformer Center menerapkan program pendidikan nonformal Patrick Boyle. (2) Pengelolaan lembaga Transformer Center bersifat dinamis partisipatif dan terbuka serta berlandaskan komitmen pengelola dan peserta didik. (3) Proses pembelajaran nonformal di Transformer Center bersifat fleksibel dan menggunakan metode experiental learning serta menggunaan sarana dan prasarana lembaga sebagai media. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan agar penerapan program pendidikan nonformal di Transformer Cente r dijalankan dengan berkelanjutan tentunya dengan perbaikan beberapa aspek terutama sumber belajar yang harus diperkaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item