Hubungan antara kondisi fasilitas Taman Bacaan Masyarakat dengan minat baca peserta keaksaraan fungsional binaan Pusat Kegiatan Belajar mengajar (PKBM) Tunas Harapan di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Tri Mailinda Istanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kondisi fasilitas Taman Bacaan Masyarakat dengan minat baca peserta keaksaraan fungsional binaan Pusat Kegiatan Belajar mengajar (PKBM) Tunas Harapan di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Tri Mailinda Istanti

Istanti, Tri Mailinda (2015) Hubungan antara kondisi fasilitas Taman Bacaan Masyarakat dengan minat baca peserta keaksaraan fungsional binaan Pusat Kegiatan Belajar mengajar (PKBM) Tunas Harapan di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Tri Mailinda Istanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istanti Tri Mailinda. Hubungan Antara Kondisi Fasilitas Taman Bacaan Masyarakat Dengan Minat Baca Lulusan Keaksaraan Fungsional Binaan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Tunas Harapan. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sucipto M.S (II) Dr. Endang Sri Redjeki M.S Kata Kunci Kondisi Fasilitas Taman Bacaan Masyarakat Minat Baca Aktifitas membaca menjadikan masyarakat berwawasan luas. Minat dalam membaca menduduki tingkat teratas karena tanpa minat seseorang akan sukar melakukan kegiatan membaca. Minat membaca mendorong individu untuk mencari kesempatan melakukan aktifitas membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kondisi fasilitas Taman Bacaan Masyarakat Tunas Harapan (2) Mendeskripsikan minat baca lulusan Keaksaraan Fungsional binaan Pusat Kegiatan Belajar Mengajajar (PKBM) Tunas Harapan (3) Mengetahui hubungan antara kondisi fasilitas Taman Bacaan Masyarakat dengan minat baca lulusan Keaksaraan Fungsional binaan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Tunas Harapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif dan korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Angket dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi untuk menghitung korelasi menggunakan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) 38 Responden menilai kondisi fasilitas yang ada di TBM Tunas Harapan dalam aspek kelengkapan sarana bacaan dalam keadaan kurang baik 43 responden menilai kondisi fasilitas penunjang dalam keadaan kurang baik 40 responden menilai desain ruanngan dalam keadaan kurang baik dan 50 responden menilai pelayanan pada kategori baik (2) 34 Peserta Keaksaraan Fungsional mempunyai minat baca yang sedang. (3) Terdapat hubungan dengan nilai 0 589 0 195 antara kelengkapan sarana bacaan dengan minat baca. Terdapat hubungan dengan nilai 0 427 0 195 antara kondisi fasilitas penunjang dengan minat baca. Terdapat hubungan dengan nilai 0 451 0 195 antara desain ruangan dengan minat baca. Terdapat hubungan dengan nilai 0 634 0 195 antara pelayanan dengan minat baca. Adapun saran yang bisa peneliti sampaikan sebagai berikut (1) Bagi Pengelola Taman Baca Tunas Harapan untuk memperbaiki dan menambah fasilitas yang ada di TBM agar masyarakat khususnya para aksarawan baru seperti lulusan Keaksaraan Fungsional mau berkunjung dan membaca buku di TBM Tunas Harapan (2) Bagi peserta Keaksaraan Fungsional hendaknya tetap melakukan aktifitas membaca dan menambah jenis bacaannya agar wawasan dan pengetahuannya semakin bertambah (3) Bagi peneliti lanjutan yang ingin mengembangkan penelitian sejenis hendaknya dikembangkan dengan ruang lingkup yang lebih luas baik variabelnya atau populasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5104

Actions (login required)

View Item View Item