Metode pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket B di SKB Kota Malang / Danang Krisnanda Pribadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket B di SKB Kota Malang / Danang Krisnanda Pribadi

Pribadi, Danang Krisnanda (2015) Metode pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket B di SKB Kota Malang / Danang Krisnanda Pribadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Krisnanda Pribadi Danang.. 2014. Metode Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SKB Kota Malang Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dr. Zulkarnaen Nasution M.Pd (2) Dr. Endang Sri Redjeki M S Kata Kunci .Metode Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Program Pendidikan Kesetaraan Paket B setara SMP merupakan program pendidikan tingkat SMP bagi warga masyarakat yang putus sekolah SMP atau lulusan SD yang tidak dapat melanjutkan ke SMP. SKB Kota Malang merupakan salah satu penyelenggara program pendidikan kesetaraan Paket B sebagai bentuk kegiatan pendidikan Luar Sekolah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SKB banyak ditemui permasalahan pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penyampaian isi bahan pelajaran yang meliputi metode dan evaluasi yang digunakan pada program paket B di SKB Kota Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan dirancang dalam bentuk kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis teori teori pembelajaran pendapat para pakar dan temaua data. Hasil dari penelitian ini adalah pada pembelajaran program Paket B di SKB Kota Malang metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah parkatek diskusi melakukan review pelajaran sebelumnya dan memberikan latihan sebagai feed back. Berbagai metode pembelajaran tersebut dipilih berdasarkan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran. Sedangkan untuk dapat mengetahui apakah program diadakan sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik diadakan evaluasi yang bersifat sumatif dan formatif. Saran dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagi SKB Kota Malang para tutor perlu melakukan identifikasi untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik (2) Bagi Jurusan Pendidikan Luar sekolah hendaknya dapat selalu menjalin hubungan dalam hal pembinaan dan penyelenggaraan pendiikan kesetaraan paket B dengan SKB Kota Malang sebagai bentuk kegiatan Pendidikan Luar Sekolah dan (3) Bagi Peneliti Lain diharapkan untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode serta fokus yang lain sehingga dapat secara berkelanjutan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pengembangan kegiatan pendidikan luar sekolah di masyarakat khususnya pendiidkan kesetaraan paket B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item