Pengaruh kebiasaan belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Moch. Bagus Galih Kamajaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Moch. Bagus Galih Kamajaya

Kamajaya, Moch. Bagus Galih (2015) Pengaruh kebiasaan belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Moch. Bagus Galih Kamajaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamajaya Moch. Bagus Galih . 2013. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Hambali M. Pd (II) Dr. Endang Sri Redjeki M. S. Kata Kunci kebiasaan belajar minat baca prestasi belajar mahasiswa Dalam penelitian ini akan dipaparkan mengenai pengaruh kebiasaan belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa PLS FIP UM. Secara lebih khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar dan pengaruh antara kebiasaan belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa PLS FIP UM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket berisi 25 pertanyaan dan diberikan kepada 75 mahasiswa PLS FIP UM angkatan 2010-2012 dengan mengambil semua populasi yang ada. Selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan teknik persentase dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) variabel kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa PLS FIP secara parsial dengan nilai thitung sebesar 1 997 sehingga variabel ini dikatakan berpengaruh terhadap prestasi belajar sebab thitung 1 997 ttabel 1 993 b) variabel minat baca berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa PLS FIP secara parsial dengan nilai thitung sebesar 2 049 sehingga variabel ini dikatakan berpengaruh terhadap prestasi belajar sebab thitung 2 049 t tabel 1 993 c) Secara simultan variabel kebiasaan belajar dan minat baca berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa PLS FIP dengan nilai koefisien determinan (R square) sebesar 0 099 dan Fhitung sebesar 3 975. Secara bersama-sama kedua variabel ini dikatakan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa tersebut sebab Fhitung 3 975 Ftabel 2 337 sehingga dalam hal ini Ha diterima dan Ho ditolak. Bertolak dari hasil penelitian ini direkomendasikan (1) dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para mahasiswa cukup mempunyai kebiasaan belajar yang baik dalam meningkatkan prestasi belajar. Berkaitan dengan hal tersebut maka sebagai seorang mahasiswa harus dapat meningkatkan kebiasaan belajarnya lebih baik lagi seperti mempunyai jadwal belajar yang teratur dan rapi (2) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para mahasiswa cukup mempunyai minat baca yang baik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Berkaitan dengan hal di atas sudah merupakan kewajiban untuk terus berusaha meningkatkan minat dalam hal minat baca karena hal tersebut dapat mendatangkan keberhasilan dalam peningkatan prestasi belajarnya (3) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh antara kebiasaan belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar. Berkaitan dengan hal di atas maka hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi dan pertimbangan di jurusan PLS mengenai kebiasaan belajar serta minat baca mahasiswa terhadap prestasi belajarnya. Sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman untuk pengembangan buku-buku yang tersedia di perpustakaan jurusan yang berkaitan dengan minat baca mahasiswa supaya dapat menarik minat baca mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan seperti buku pengelolaan pengajaran psikologi belajar dan lain sebagainya dan (4) diharapkan bahwa hasil penelitian tentang pengaruh kebiasaan belajar serta minat baca terhadap prestasi belajar mahasiswa PLS FIP Universitas Negeri Malang ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi peneliti yang ingin meneliti hal yang sama dengan waktu dan latar belakang yang berbeda. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat lebih baik dan lebih teliti lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item