Abrori, Fais (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah I Jombang / Faiz Abrori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abrori Faiz. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Jombang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif IPS SMP. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Multimedia interaktif adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks suara gambar animasi dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat ber-(navigasi) berinteraksi dan berkomunikasi. Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Selain itu IPS adalah salah satu mata pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional (UNAS) sebagai standar nilai kelulusan. Multimedia interaktif ini sangat cocok untuk kepentingan pembelajaran individual tetapi bisa digunakan untuk pembelajaran kelompok atau klasikal. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk multimedia interaktif pembelajaran yang layak dan valid sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS SMP materiKedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE langkah-langkah pengembangan ini adalah Analyisis Design Development Implementation evaluation. Subyek penelitian dalam vaidasi pengembangan ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jombang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari data uji coba. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari tanggapan ahli media ahli materi dan siswa tentang produk yang dihasilkan. Media ini divalidasi oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi serta mengetahui pemanfaatan hasil belajar oleh audiens sebanyak 25 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari multimedia interaktif pembelajaran ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan data angket ahli media 86 6% data angket ahli materi 91 6% data uji coba individu 89 1% kelompok kecil 92 4% Data Klasikal 93 4%. hal ini menunjukan bahwa multimedia interaktif pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Pada hasil belajar memperoleh 88% siswa yang mencapai KKM hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini memberikan efek yang positif dalam peningkatan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPS pada materi kedatangan kolonial Eropa ke Indonesia. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa media pembelajaran ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS dan disarankan agar pihak sekolah lebih meningkatkan pengadaan sarana berupa media pembelajaran sebagai media utama maupun media tambahan dalam kegiatan pembelajaran karena media pembelajaran ini terbukti sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/509 |
Actions (login required)
View Item |