Pelaksanaan evaluasi model CIPP pada Program Keaksaraan Dasar (studi kasus di PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupatenb Lumajang) / Ardhi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan evaluasi model CIPP pada Program Keaksaraan Dasar (studi kasus di PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupatenb Lumajang) / Ardhi Kurniawan

Kurniawan, Ardhi (2014) Pelaksanaan evaluasi model CIPP pada Program Keaksaraan Dasar (studi kasus di PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupatenb Lumajang) / Ardhi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawan Ardhi. 2014. Pelaksanaan Evaluasi Model CIPP pada Program Keaksaraan Dasar (Studi Kasus di PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang). Pembimbing (I) Drs. Sucipto M.S (II) Drs. Imam Hambali M.Pd Kata Kunci Program Keaksaraan Dasar Pelaksanaan Evaluasi pada program Keaksaraan Dasar 12288 12288 12288 12288 Program Keaksaraan Dasar adalah upaya peningkatan kemampuan keaksaraan penduduk dewasa berkeaksaraan rendah atau tuna aksara usia 15-59 tahun agar memiliki kemampuan mendengarkan berbicara membaca menulis dan berhitung dasar. Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu proses penilaian untuk mengambil keputusan yang menggunakan seperangkat hasil pengukuran dan berpatokan kepada tujuan yang telah dirumuskan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan evaluasi Model CIPP pada program keaksaraan dasar. Pelaksanaan evaluasi difokuskan pada Konteks Input Proses dan Produk dari program keaksaraan dasar. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Studi kasus diartikan sebagai sebuah eksplorasi tentang sebuah sistem yang terbatas dan mencakup multi sumber informasi yang kaya dengan konteks. 12288 12288 12288 12288 Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan obeservasi wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dengan mengkaji data yang diperoleh di lapangan baik itu hasil wawancara observasi dokumen pribadi dan dokumen dari lembaga. Berdasarkan hasil dari analisis tersebut diperoleh kesimpulan dalam pelaksanaan evaluasi penyelenggara menggunakan model CIPP dalam pelaksanaan evaluasinya. Yaitu dengan melihat dari (1) konteks program yang terdiri dari perencanaan tujuan program dan sasaran program (2) input program yang terdiri dari kondisi kelompok sasaran latar belakang tutor dan sarana prasarana pendukung program (3) proses program terdiri dari pelaksanaan sosialisasi evaluasi pendataan calon warga belajar proses pengajuan proposal proses evaluasi pembelajaran (4) produk atau keluaran dari program yang terdiri dari hasil pelaksanaan program dan kelanjutan dari program keaksaraan dasar yaitu keaksaraan usaha mandiri. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari penelitian ini disarankan bagi penyelenggara program agar menjadikan temuan tentang pelaksanaan evaluasi pada program keaksaraan dasar sebagai bahan masukan untuk penyelenggara agar dapat menerapkan pelaksanaan evaluasi yang efektif yaitu dengan membandingkan standar program dengan fakta dilapangan agar dalam pengambilan keputusannya bisa dipertimbangkan dengan baik. Bagi penyelenggara program pendidikan luar sekolah lainnya disarankan agar menjadikan temuan tentang pelaksanaan evaluasi pada program keaksaraan dasar sebagai tambahan informasi dalam melaksanakan evaluasi. Bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan metode serta fokus yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item