Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif sejarah materi peristiwa sekitar proklamasi kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri / Bintar Ardi Pratama

Pratama, Bintar Ardi (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif sejarah materi peristiwa sekitar proklamasi kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri / Bintar Ardi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama, Bintar Ardi. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sejarah Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kelas Viii SMP Negeri 1 Kras Kabuaten Kediri Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbinb: (I) Dr. Sulthoni, M.Pd, (II) Henry Prahrdhion, S.Si, M.Pd Kata Kunci : Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Sejarah Media dapat diartikan suatu perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima. Sedangkan Multimedia interaktif adalah media yang dapat berinteraksi secara langsung dengan pelajar, karena interaktif memiliki komunikasi yang bersifar dua arah. Dalam sebuah proses pembelajaran sangatlah perlu di ciptakan suasana yang menyenangkan di kelas, sehingga pebelajar dapat menerima materi dengan baik, dan respon yang baik akan di terima oleh siswa atau pebelajar. Selama proses pra observasi pengembang melihat kondisi pembelajaran Sejarah di SMPN 1 Kras Kabupaten kediri, masih menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Penggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, yang terlalu sering digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sejarah akan terkesan monoton dan membosankan. Sehingga untuk proses belajar mengajar yang menyenangkan proses pembelajaran sejarah diperlukan sebuah pembelajaran yang berbeda dari biasanya. Pengembanga ini bertujuan untuk memproduksi dan menghasilkan produk serta menguji kelayakan dan ke efektifitasanya untuk proses atau metode pembelajaran interaktif. Untuk mencapai tujuan diatas dilakukan dengan menggunakan sebuah metode yang melingkupi aspek Analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation atau yang disebut juga dengan model ADDIE. Selanjutnya untuk proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sebuah instrumen pengumpulan data yang berupa angket. angket digunakan untuk mengetahui pendapat dari penggunaan Multimedia Interaktif ini, Apakah sudah falid atau belum falid. Dari hasil angket ahli media multimedia pembelajaran yang di produksi mendapatkan hasil 83,33% dan dinyatakan valid dan layak di gunakan dalam pembelajaran, dari hasil angket ahli materi didapatkan hasil 91,87% dan di nyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Untuk uji coba perseorangan didapatkan hasil 83,33% dan dinyatakan valid serta dapat digunakan untuk pembelajaran. Selanjutnya untuk uji coba lapangan atau hasil belajar siswa didapatkan skor 78,4% atau dinyatakan berhasil melampai Standar Kelulusan Minimal (SKM) ≤75%. Pengembang menyarankan, dengan adanya pengembangan multimedia pembelajaran interaktif sejarah untuk SMP N 1 Kras Kabupaten Kediri dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan alternatif media yang digunakan untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item