Peningkatan kemampuan praktik bina diri dengan menggunakan media boneka model manusia untuk siswa tunagrahita kelas I di SLB Sariwiyata Wlingi Kabupaten Blitar / Noor Citra Pravita Adisty

Adisty, Noor Citra Pravita (2014) Peningkatan kemampuan praktik bina diri dengan menggunakan media boneka model manusia untuk siswa tunagrahita kelas I di SLB Sariwiyata Wlingi Kabupaten Blitar / Noor Citra Pravita Adisty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adisty, Noor Citra Pravita. 2014. Peningkatan Kemampuan Praktik Bina Diri Dengan Menggunakan Media Boneka Model Manusia Untuk Siswa Tunagrahita Kelas I SDLB Sariwiyata Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti,S.Pd, M.Pd, (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sni. Kata Kunci: Media Boneka model manusia, Kemampuan Bina Diri, Tunagrahita     Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas I SLB Sariwiyata ditemukan beberapa permasalahan, antara lain siswa tidak dapat mempraktikan bina diri dengan hanya melihat media gambar, dan siswa kesulitan dalam praktik bina diri dengan menggunakan media gambar. Kemampuan bina diri siswa pada tahap pratindakan belum mencapai ketuntasan yang ditentukan secara klasikal sebesar 70%.     Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media boneka model manusia untuk peningkatan bina diri siswa tunagrahitha di SLB Sariwiyata Wlingi Kabupaten Blitar. dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan bina diri dengan menggunakan media boneka model manusia untuk siswa tunagrahita kelas I SLB Sariwiyata Wlingi Kabupaten Blitar     Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas I yang berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes praktik, dokumentasi. Instrumen penilaian yang digunakan berupa pedoman observasi dan pengamatan.     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan bina diri siswa pada tahap pratindakan adalah 48,57 dengan persentase sebesar 14,3%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada tahap pratindakan memperoleh kualifikasi nilai sangat kurang (SK). Pelaksanaan pembelajaran praktik bina diri menggunakan boneka model manusia dilaksanakan melalui 2 siklus. Pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh adalah 66 dengan jumlah persentase sebesar 28,5%, persentase tersebut termasuk kualifikasi sangat kurang (SK). Pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh sudah meningkat dibandingkan pada siklus I yaitu 85,7 dengan jumlah persentase sebesar 85,7%. Kemampuan bina diri siswa kelas I mengalami peningkatan pada tiap siklus.     Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media aboneka model manusia dapat meningkatkan kemampuan bina diri siswa kelas I. Dengan demikian guru diharapkan menggunakan media boneka model manusia pada pembelajaran bina diri agar siswa dapat meningkatkan kemampuan bina dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5076

Actions (login required)

View Item View Item