Survei kinerja guru tidak tetap (GTT) pendidikan jasmani dalam pengolaan pembelajaran pendidikan jasmani SD se Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo / Yadik Apriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei kinerja guru tidak tetap (GTT) pendidikan jasmani dalam pengolaan pembelajaran pendidikan jasmani SD se Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo / Yadik Apriyanto

Yadik (2010) Survei kinerja guru tidak tetap (GTT) pendidikan jasmani dalam pengolaan pembelajaran pendidikan jasmani SD se Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo / Yadik Apriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriyanto Yadik. 2009. Survei Kinerja Guru Tidak Tetap Pendidikan Jasmani dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD se-Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mulyani Surendra M. S (II) Drs. Mardianto M.Kes. Kata kunci survei kinerja Guru Tidak Tetap. Pendidikan Jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan keseluruhan melalui berbagai aktivitas jasmani yang bertujuan untuk mengembangkan individu secara organik neuromuskuler intelektual dan emosional. Intensitas keterlibatan siswa dalam pembelajaran haruslah tinggi suatu indikator pencapaian efektivitas dalam suatu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani yaitu tingginya waktu rata-rata waktu belajar yang tepat dan diikuti dengan rendahnya waktu menunggu. Di dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani terdapat tiga tahapan yang secara keseluruhan harus dilaksanakan yaitu tahap pendahuluan tahap inti dan tahap penutup. Selain itu dalam suatu pelaksanaan pembelajaran guru harus membuat suatu perencanaan pada pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan metode deskriptif kuantatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah dengan persentase. Pada penelitian ini dapat diperoleh hasil sebagai berikut (1) dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan persentase 72.8% (2) pada tahap pelaksanaan pendahuluan dengan persentase 73.3% (3) pada tahap pelaksanaan inti (penyampaian materi) dengan persentase 71.8% (4) dan pada tahap pelaksanaan penutup dengan persentase 79.5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Guru Tidak Tetap Pendidikan Jasmani di SD se-Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo dalam pelaksanaan pembelajaran belum sesuai dengan sebagai mana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50746

Actions (login required)

View Item View Item