Hubungan antara latar belakang pendidikan peserta didik dan sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta mengikuti pelatihan otomotif di UPT-PK Singosari / Inwamarroh Tias Pramudnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara latar belakang pendidikan peserta didik dan sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta mengikuti pelatihan otomotif di UPT-PK Singosari / Inwamarroh Tias Pramudnia

Pramudnia, Inwamarroh Tias (2014) Hubungan antara latar belakang pendidikan peserta didik dan sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta mengikuti pelatihan otomotif di UPT-PK Singosari / Inwamarroh Tias Pramudnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pramudnia Inwamarroh Tias. 2014. Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik dan Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Mengikuti Pelatihan Otomotif di UPT-PK Singosari.Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M.A Prawoto M.Pd dan (2) Drs. Lasi Purwito M.S. Kata kunci latar belakang pendidikan sosial ekonomi orang tua motivasi belajar 12288 12288 12288 Dalam pendidikan nasional proses penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan melalui 3 jalur yaitu jalur pendidikan formal pendidikan non formal dan jalur pendidikan informal. Salah satu cara untuk meningkatkan kebutuhan pendidikan itu dapat dilakukan melalui jalur pendidikan non formal. 12288 12288 12288 Salah satu bentuk dari Pendidikan Non Formal adalah pelatihan karena pelatihan adalah bagian dari pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan di luar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relatif singkat dan dengan metode yang lebih mengutamakan praktek daripada teori. Pelatihan merupakan salah satu dari bentuk PLS karena diorganisasi di luar sistem pendidikan formal. 12288 12288 12288 Motivasi menimbulkan tingkah laku yang beraneka ragam di tempat pelatihan antara individu yang satu dengan yang lain. Keragaman tersebut akan mempengaruhi sikap mental peserta dalam menyerap materi pelatihan yang pada akhirnya akan berakibat pada prestasi belajarnya. 12288 12288 12288 Kondisi ekonomi menentukan perkembangan pendidikan anak disamping sebagai faktor penting bagi kesejahteraan keluarga. Latar belakang keluarga biasanya berkaitan dengan status sosial dan ekonomi keluarga. Status sosial dan ekonomi ini biasanya dipergunakan indikator pendidikan status sosial pekerjaan dan penghasilan orang tua. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta pelatihan di UPT-PK Singosari atara faktor latar belakang pendidikan atau sosial ekonomi orang tuanya tersebut. 12288 12288 12288 Pengaruh dari latar belakang pendidikan dengan motivasi belajar cukup baik sebesar 50 00% pengaruh dari sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar tergolong tinggi sebesar 56 00% dan hal ini faktor yang paling berpengaruh dalam motivasi belajar peserta pelatihan tersebut adalah dari sosial ekonomi orang tuanya tersebut. 12288 12288 12288 Jadi pada kesimpulannya adalah (1) Sosial ekonomi orang tua mempunyai hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar (2)Latar belakang pendidikan mempunyai hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar (3) Perubahan latar belakang pendidikan peserta dan sosial ekonomi orang tua secara serentak (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan motivasi belajar. 12288 12288 12288 Pada pernyataan di atas peneliti memberikan saran kepada orang tua peserta pelatihan peserta pelatihan di UPT-PK Singosari lembaga UPT-PK Singosari dan peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5074

Actions (login required)

View Item View Item