Harta (2009) Pengembangan model out bound pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa kelas V di SDN Kayoman Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Harta Mardiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mardiyanto Harta. 2009. Pengembangan Model Out Bound Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas V SDN Kayoman Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sulistyorini M. Pd (2) Drs. Mulyani Surendra M. S. Kata kunci pengembangan out bound. Out bound adalah suatu kegiatan yang dilakukan di luar ruangan atau di alam terbuka oleh beberapa kelompok atau perorangan dengan tujuan untuk membangun dan menjalin kerjasama antar sesama yang tergabung dalam kelompok tersebut. Kegiatan ini berupa permainan-permainan menarik yang di dalamnya terdapat muatan pembelajaran yang meliputi kerjasama ketangkasan kejujuran keterampilan dan kecerdasan. Dalam Pendidikan Jasmani siswa akan dapat mengikuti dengan senang apabila dalam penyajiannya berupa permainan. Tujuan pengembangan adalah untuk mengembangkan model out bound pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk siswa kelas V sekolah dasar yang nantinya dapat membantu guru Pendidikan Jasmani dalam variasi pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah dasar sehingga siswa dapat mengikuti pelajaran dengan senang dan aktif. Dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan dari Borg Gall (1983 775) yaitu Research Development (R D) dan hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan.Pengembangan model out bound pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk siswa kelas V SDN Kayoman Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan adalah sebagai berikut 1) riset dan pengumpulan informasi untuk melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assessment) dengan angket yang ditujukan kepada siswa dan guru Pendidikan Jasmani serta observasi sekolah 2) pengembangan rancangan produk 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran dan 2 ahli out bound yang hasilnya berupa produk awal 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba (kelompok kecil) 5) revisi hasil dari uji coba (kelompok kecil) 6) uji lapangan (kelompok besar) 7) revisi hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa model out bound pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk siswa kelas V SDN Kayoman Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Hasil pengembangan berupa model out bound pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dan diharapkan hasil ini dapat diuji cobakan kepada lingkup yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah dasar dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50736 |
Actions (login required)
View Item |