Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP se-kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Ikhwan Farizy - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP se-kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Ikhwan Farizy

Ikhwan (2010) Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP se-kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Ikhwan Farizy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farizy Ikhwan. 2009. Studi tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP se-Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs Mulyani Surendra M. S (2) dr. Hartati Eko Wardani M.Si. Med Kata kunci pembelajaran pendidikan jasmani SMP se-Kecamatan Gondangwetan Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan keseluruhan yang penting untuk dilaksanakan di sekolah karena pendidikan jasmani tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa akan tetapi juga meningkatkan kemampuan afektif dan psikomotorik secara seimbang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP se-Kecamatan Gondangwetan diperoleh hasil bahwa guru tidak melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani dengan baik yaitu meliputi tidak selalu guru datang di lapangan tepat waktu guru tidak melaksanakan kegiatan pendinginan dan guru kurang melibatkan siswa secara aktif. Beberapa hal tersebut merupakan bagian penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan pembelajaran dan juga untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui dan mengkaji perencanaan atau kegiatan awal tahap pendahuluan tahap inti dan tahap penutup pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui persentase kualitas pelaksanaan pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan persentase. Penelitian ini dilaksanakan di SMP se-Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan yaitu SMPN 1 Gondangwetan SMPN 2 Gondangwetan dan SMP Islam Yanuba. Jumlah subyek penelitian yaitu 5 guru pendidikan jasmani. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kegiatan awal/perencanaan termasuk dalam kategori kurang baik (24%) kegiatan pendahuluan termasuk dalam kategori cukup baik (73 68%) pada tahap inti termasuk dalam kategori baik yaitu dengan persentase 78% dan pada tahap penutup termasuk dalam kategori cukup baik (62 5%). Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani guru pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Gondangwetan hendaknya membuat perencanaan mempersiapkan saran dan prasarana pembelajaran meningkatkan kedisiplinan meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran melakukan evaluasi terhadap kemampuan siswa dan melakukan kegiatan penenangan pada kegiatan penutup. Hal ini untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani dan pencapaian tujuan pembelajaran pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50731

Actions (login required)

View Item View Item