Pengaruh pembelajaran permainan bolavoli gandu menggunakan metode drill dan bermain terhadap keterampilan passing bawah bolavoli gandu pada peserta didik kelas V SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro / Aditya Putra Pratama

Pratama, Aditya Putra (2019) Pengaruh pembelajaran permainan bolavoli gandu menggunakan metode drill dan bermain terhadap keterampilan passing bawah bolavoli gandu pada peserta didik kelas V SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro / Aditya Putra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Pratama, A. P. 2018. Pengaruh Pembelajaran Permainan Bolavoli Gandu Menggunakan Metode Drill Dan Bermain terhadap Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Gandu pada Peserta Didik Kelas V SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Asim, M.Pd. Kata Kunci: bolavoli gandu, metode drill, metode bermain, dan keterampilan passing bawah bolavoli gandu Dalam pendidikan jasmani di Sekolah Dasar terdapat materi pembelajaran bolavoli. Materi tersebut membuat guru pendidikan jasmani mengalami banyak masalah. Contoh masalah yang di hadapi adalah peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan sulit saat mempraktekan teknik dasar bolavoli, karena fasilitas dan alat tidak sesuai dengan perkembangan karakteristik peserta didik sehingga banyak peserta didik tidak memiliki keterampilan bolavoli dengan baik. Setelah melakukan wawancara dengan guru pendidikan jasmani di SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro masalah tersebut juga dialaminya ketika memberi pembelajaran bolavoli. Agar pembelajaran bolavoli berjalan sesuai harapan, peneliti memberikan permainan bolavoli gandu menggunakan metode drill dan bermain yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli gandu pada peserta didik SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan two group pretest posttest design pada kelompok metode drill dan bermain. Penelitian dilakukan selama 18 kali pertemuan dengan rincian 3 kali dalam seminggu. Subyek penelitian ini berjumlah 36 peserta didik kelas V SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro Berdasarkan hasil pretest dan posttest kelompok pembelajaran permainan bolavoli gandu menggunakan metode drill dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 maka terdapat perbedaan rata-rata skor keterampilan passing bawah peserta didik. Berdasarkan hasil pretest dan posttest kelompok pembelajaran permainan bolavoli gandu menggunakan metode bermain dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 maka terdapat perbedaan pengaruh rata-rata skor keterampilan passing bawah bolavoli peserta didik. Berdasarkan hasil posttest kelompok pembelajaran permainan bolavoli gandu menggunakan metode drill dan bermain dengan taraf signifikansi 0,01< 0,05 maka terdapat perbedaan peningkatan rata-rata skor keterampilan passing bawah peserta didik. Perbedaan peningkatan rata-rata kelompok pembelajaran permainan bolavoli gandu menggunakan metode drill, sebesar 12,19 sedangkan kelompok pembelajaran permainan bolavoli gandu menggunakan metode bermain hanya mengalami peningkatan rata-rata sebesar 10,75. Pembelajaran permainan bolavoli gandu menggunakan metode drill memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan menggunakan metode bermain terhadap keterampilan passing bawah bolavoli gandu peserta didik kelas V SDN Sukorejo I Kabupaten Bojonegoro, pembelajaran permainan bolavoli gandu menggunakan metode drill dapat digunakan dan dipilih sebagai bentuk pembelajaran keterampilan passing bawah bolavoli gandu peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50703

Actions (login required)

View Item View Item