Septianto, Moh. Koko (2019) Pengaruh metode pembelajaran Small Sides Games dan bermain terhadap hasil belajar passing futsal peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 7 Malang / Moh. Koko Septianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Septianto Moh Koko. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Small Sides Games dan Bermain terhadap Hasil Belajar Passing Futsal Peserta Ekstrakurikuler SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata Kunci futsal passing metode small sides games metode bermain. Metode pembelajaran merupakan suatu strategi mengajar dalam model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan mempermudah peserta didik untuk mencapai suatu kompetensi tertentu. Motode pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru sangat menentukan efektivitas suatu informasi yang disampaikan pada pembelajaran untuk membuat peserta mudah memahami suatu informasi yang masuk. Pemberian metode pembelajaran yang sesuai target dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif dan dapat mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Small Sides Games dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Passing Peserta Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen sesungguhnya dengan subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 7 Malang sebanyak 20 peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan metode small sides games berjumlah 10 peserta dan kelompok metode bermain berjumlah 10 peserta. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varian satu jalur pada taraf signifikansi 0 05. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan perlakuan metode small sides games memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 7 Malang (Fhitung 12 10 Ftabel 0 05 4 413) (2) pembelajaran dengan perlakuan metode bermain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 7 Malang (Fhitung 4 476 Ftabel 0 05 4 413) (3) ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran small sides games dan bermain terhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal (Fhitung 5 433 Ftabel 0 05 4 413) berdasarkan rata-rata peningkatan skor awal dan skor akhir dengan metode pembelajaran small sides games memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode small sides games memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding dengan pembelajaran metode bermain terhadap hasil belajar passing pada peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 7 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50691 |
Actions (login required)
View Item |