Prasetyawan, Tri (2019) Meningkatkan keterampilan passing bawah dengan pendekatan bermain dalam ekstrakurikuler bolavoli di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Codo Wajak Kapubaten Malang / Tri Prasetyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Prasetyawan Tri. 2018. Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah dengan Pendekatan Bermain dalam Ekstrakurikuler Bolavoli Di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Codo Wajak Kabupaten Malang . Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata Kunci Passing bawah Permainan Bolavoli Keterampilan Permainan Bolavoli adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim dalam satu lapangan dan setiap tim terdiri dari enam orang dalam memainkan bola di lambungkan melewati net sebelum menyentuh tanah. Salah satu teknik dasar yang sering digunakan adalah passing bawah. Teknik passing bawah memegang peranan penting dalam sebuah permainan sepakbola. Pada observasi awal yang dilakukan di ekstrakurikuler bolavoli di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Codo Wajak Kabupaten Malang diketahui bahwa teknik passing bawah peserta ekstrakurikuler masih belum sesuai dengan indikator dan masih banyak yang mengalami kesalahan dalam melakukan passing bawah. Tujuan penelitian ekstrakurikuler ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing bawah bolavoli dalam ekstrakurikuler bolavoli di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Codo Wajak Kabupaten Malang dengan menggunakan pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriftif kuantitatif dan kulitatif. Penelitian tindakan olahraga ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa ektrakurikuler bolavoli di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Codo Wajak Kabupaten Malang sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan passing bawah setelah dilakukan latihan dengan menggunakan pendekatan permainan. Latihan dengan pendekatan permainan dilakukan dalam dua siklus yaitu tiga pertemuan disiklus pertama dan tiga pertemuan disiklus kedua. Tingkat keberhasilan peserta ekstrakurikuler bolavoli pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik passing hasil dari observer 1 (peneliti) sebanyak 72% dari observer 2 (pelatih) sebanyak 72% sedangkan observer 3 (ahli) sebanyak 73%. Sedangkan tingkat keberhasilan peserta ekstrakurikuler sepakbola pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik passing hasil dari observer 1 (peneliti) sebanyak 90% dari observer 2 (pelatih) sebanyak 89% sedangkan observer 3 (ahli) sebanyak 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa dengan model latihan permainan dapat meningkatkan teknik passing bawah ektrakurikuler bolavoli di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Codo Wajak Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50686 |
Actions (login required)
View Item |