Pola asuh orang tua dalam pendidikan keluarga membentuk kecerdasan budi pekerti anak (studi deskripsi pada keluarga Ibu Mas) / Ahmad Arif Fanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola asuh orang tua dalam pendidikan keluarga membentuk kecerdasan budi pekerti anak (studi deskripsi pada keluarga Ibu Mas) / Ahmad Arif Fanani

Fanani, Ahmad Arif (2014) Pola asuh orang tua dalam pendidikan keluarga membentuk kecerdasan budi pekerti anak (studi deskripsi pada keluarga Ibu Mas) / Ahmad Arif Fanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fanani Ahmad Arif. 2014. Pola asuh orangtua dalam pendidikan keluarga membentuk kecerdasan budipekerti anak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Zulkarnaen M.pd. (2) Drs. Lasi Purwito M.S. Kata Kunci Pola asuh orang tua pendidikan keluarga kecerdasan budipekerti. 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga masyarakat dan pemerintah. Sehingga orang tua tidak boleh menganggap remeh bahwa pendidikan anak hanyalah tanggung jawab sekolah. Orangtua sebagai lingkungan pertama dan utama dimana anak berinteraksi sebagai lembaga pendidikan yang tertua artinya disinilah dimulai suatu proses pendidikan. Sehingga orang tua berperan sebagai pendidik bagi anak-anaknya dalam mencerdaskan akhlak budipekertinya. Lingkungan keluarga juga dikatakan lingkungan yang paling utama karena sebagian besar kehidupan anak didalam keluarga sehingga penanaman pendidikan kecerdasan budipekerti dalam keluarga sangat penting untuk masa depan anak menjadi lebih baik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pentingnya pendidikan keluarga membentuk kecerdasan budi pekerti dalam keluarga Ibu Mas di Jalan Musi RT1 RW 2 Ngoro Jombang. Mengetahui Pola Asuh orang tua dalam penanaman pendidikan kecerdasan budipekerti pada anak di keluarga. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian melalui pendekatan kualitatif studi kasus. Data penelitian yang berupa paparan data dari profil keluarga Ibu Mas. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan tekhnik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama penerapan pendidikan dalam mencerdaskan akhlak budipekerti pada anak di dalam keluarga sangat penting apalagi penanaman akhlak budipekerti itu diterapkan pada anak masih usia dini sampai anak sudah mempunyai keluarga sendiri. Orang tua meyakini bahwa pentingnya penanaman pendidikan kecerdasan budipekerti anak itu sangat penting karena tanpa akhlak budipekerti yang baik serta agama manusia tidak mempunyai nilai agama yang dapat membuat patokan yang dijadikan petunjuk atau pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari demi mencapai akhlak yang baik terhadap orang tua. 12288 12288 12288 12288 Kedua peran orang tua untuk anak dalam mengarahkan meluruskan dan mendampingi anak hingga anak tumbuh dewasa dan menjadi lebih sempurna orang tua memberikan penerapan kecerdasan budipekerti yang baik seperti pendidikan akidah ibadah serta juga menghargai dan berbuat akhlakul karimah terhadap kedua orang tua. Karena dalam pendidikan akhidah ibadah dan akhlak budipekerti itulah kelak anak akan menerapkan kehidupan sehari-harinya di dalam lingkungan keluarga dan masyarkat. Sehingga penerapan pendidikan kecerdasan budipekerti tersebut dilakukan denan benar. 12288 12288 12288 Saran bagi (1) Jurusan PLS memperluas dan mengembangkan penelitian yang program PLS dimayarakat agar PLS dapat semakin berkembang dan dikenali oleh masyarakat (2) orang tua sebagai pendidik yang pertama dan utama dikeluarga orang tua agar lebih mengenalkan pendidikan kecerdasan akhlak budipekerti yang baik serta menanamkan kaidah islam dengan benar. Selain itu orang tua lebih bisa menanamkan nilai agama dengan metode-metode yang menarik untuk anak (3) peneliti diharapkan hasil penelitian ini lebih bermakna dan berarti maka pada penelitian lebih lanjut dan dalam berbagai hal atau aspek kehidupan keluarga lebih diperkaya lagi seiring dengan temuan-temuan lapangan yang telah peneliti hasilkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item View Item