Survei pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 8 Malang / Bintang Nawasakti

Nawasakti, Bintang (2018) Survei pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 8 Malang / Bintang Nawasakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Nawasakti, Bintang. 2018. Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Di SMPN 8 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd. Kata Kunci: pelaksanaan pembelajaran, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Proses pelaksanaan pembelajaran merupakan saling berkaitannya antara kegiatan pembelajaran, guru, dan peserta didik. Kegiatan pembelajaran sendiri sangat diperlukan oleh guru dan peserta didik sebagai sarana dan alat saling berinteraksi untuk berjalannya proses pelaksanakan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMPN 8 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa rerata persentase yang diperoleh ketiga guru dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga, dan kesehatan adalah kegiatan pendahuluan sebesar 93% dengan kriteria sangat baik, kegiatan inti sebesar 80% dengan kriteria baik, dan kegiatan penutup sebesar 58% dengan kriteria cukup, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh ketiga guru mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sebesar 76% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pedidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMPN 8 Malang oleh ketiga guru yaitu kegiatan pendahuluan diperoleh 93% dengan kategori sangat baik, kegiatan inti diperoleh persentase 80% dengan kategori baik, dan kegiatan penutup diperoleh 58% dengan kategori cukup, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMPN 8 Malang diperoleh 76% dengan kategori baik. Saran yang disampaikan adalah pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 8 Malang perlu meningkatkan kembali proses pelaksanaan pembelajaran disetiap kegiatan terutama di kegiatan inti karena ditahap ini peserta didik mulai meningkatkan keterampilan gerak saat proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung dan kegiatan penutup perlu adanya evaluasi dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan agar peserta didik mengetahui kendala yang membuat proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terhambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50677

Actions (login required)

View Item View Item