Pengembangan variasi latihan kumite karate berbasis multimedia interaktif pada atlet dojo inkado / Miftahul Husna Ibnu Febrian

Febrian, Miftahul Husna Ibnu (2018) Pengembangan variasi latihan kumite karate berbasis multimedia interaktif pada atlet dojo inkado / Miftahul Husna Ibnu Febrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Febrian, Miftahul Husna Ibnu.2018.Pengembangan VariasiLatihanKumite Karate Berbasis Multimedia InteraktifPadaAtlet Dojo Inkado.Skripsi, JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. WasisDjokoDwiyogo, M.Pd. Kata kunci: variasilatihankumite karate, berbasis multimedia interaktif, softwareautoplay. Variasi latihan kumite karate merupakan rangkai ancara yang digunakan Oleh pelatih karate untukmencapaitujuanpembelajaran yang bervariasisupayaatlettidakmenimbulkankejenuhandalamberlatih. Salah satupemanfaatanteknologi di era millennialskegunaan karate adalahuntukdapatmengembangkanpenggunaan multimedia. Multimedia interaktifadalahsuatutampilan multimedia yang dirancangolehdesainer agar tampilanyamemenuhifungsimenginformasikanpesandanmemilikiinteraktivitaskepadapenggunanya(user). Tujuanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukvariasilatihankumite karate yang berbasis multimedia interaktifdenganmenggunakansoftware autoplay media studiosebagai media pembelajaranvariasilatihanolehatlet INKADO. Berdasarkanhasilobservasipeneliti diDojo INKADO kota Malang yang menjelaskantentangpengembanganvariasilatihankumite karatepadatanggal 27 agustus 2017, menyatakanbahwaditemukan rata-ratasebanyak 81,56% mengatakanbahwaatlet karate sangatmembutuhkanvariasilatihankumite karate yang berbasis multimedia interaktifpadasesilatihan. Program multimedia interaktifiniberisikanbeberapa menu padahome, yaituberupa menu utamayaitu, variasilatihankumite karate yang didalamyaberisikan 10 variasilatihankumite karate dan menu pendukunguntukmelengkapiproduksepertisejarah karate, saranadanprasarana, induk di FORKI, danperwasitan. Produkinijugadidesaindenganbantuansoftware Corel Draw X5 untukmengeditgambar. Jenispenelitian yang digunakanadalahjenispenelitiandanpengembanganresearch & development (R&D) denganmengaraha model for developing multimedia learning projectsdari Freydan Sutton (2010). Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisisdeskriptifdenganpersentase. Berdasarkananalisis data diperoleh 4 hasilpenelitiansebagaiberikut. Pertama, diperolehpersentasesebanyak 95% darivalidasiahli media. Kedua, diperolehpersentasesebanyak 98,75% darivalidasiahlikepelatihan karate. Ketiga, diperolehpersentasesebanyak 92,08% darivalidasiahlimateri. Keempatdiperolehpersentasesebanyak 96,63% darivalidasiujilapangan. Dari tigaahlidanempatujicobalapanganmenyatakansetujudanpembelajaraninilayakdigunakanuntukatletpadaDojo INKADO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50663

Actions (login required)

View Item View Item