Ferdiyanto, Hendra (2018) Pengembangan pembelajaran tendangan ÔÇ£TÔÇØ dan analisis gerak kualitatif dan kuantitatif bagi ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar / Hendra Ferdiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Ferdiyanto Hendra. 2018. Pengembangan Pembelajaran Tendangan T dan Analisis Gerak Kualitatif dan Kuantitatif Bagi Ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT d SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Tendangan T Analisis Gerak Pencak Silat PSHT. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap 20 peserta ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar diperoleh data 1) 60% peserta ekstrakurikuler setuju dikembangkan pembelajaran tendangan T dan analisis gerak kualitatif dan kuantitatif 2) 70% peserta ekstrakurikuler setuju teknik tendangan T dan analisis gerak disajikan dalam bentuk media 3) 65% peserta ekstrakurikuler menganggap tendangan T teknik tendangan yang sulit dilakukan 4) 70% peserta ekstrakurikuler menganggap butuh buku panduan yang sesuai pembelajaran tendangan. Prosedur pengembangan ini menggunakan model Borg Gall yang diadaptasi menjadi sederhana yang terdiri dari (1) Melakukan analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner kepada 20 peserta ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar (2) Mengembangkan produk (3) Validasi produk kepada beberapa ahli yang terdiri dari 4 ahli (4) Melakukan uji coba (kelompok kecil) kepada 6 subjek (5) Revisi produk berdasarkan hasil uji coba (kelompok kecil) (6) melakukan uji coba lapangan (kelompok besar) kepada 30 subjek (7) Produk akhir. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler pencak silat PSHT SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar sebanyak 36 peserta. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif didapatkan dari hasil penyebaran angket kuesioner dan kualitatif didapatkan dari kritik dan saran dari tinjauan para ahli. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data persentase. Berdasarkan hasil penilaian validasi atau evaluasi dari para ahli diperoleh tingkat validitas dari ahli pembelajaran pencak silat sebesar 87 9% dari ahli media sebesar 82 27% ahli pencak silat sebesar 92 77% dan ahli biomekanika 84 89%. Berdasarkan hasil uji coba (kelompok kecil) diperoleh tingkat validitas sebesar 90 45% yang termasuk dalam kategori kualitas produk sangat baik. Dari uji coba lapangan (kelompok besar) diperoleh tingkat validitas sebesar 88 47% termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan dari hasil analisis data tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran tendangan T dan analisis gerak kualitatif dan kuantitatif layak digunakan sebagai media pembelajaran tendangan T bagi ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar. Berdasarkan simpulan yang dihasilkan maka disarankan pembelajaran tendangan T dan analisis gerak kualitatif dan kuantitatif dapat dijadikan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan tendangan T peserta ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50653 |
Actions (login required)
View Item |