Pengembangan pembelajaran penjaga gawang futsal dan analisis kualitatif dan kuantitatif pada peserta ekstrakurikuler futsal di SMPN 15 Malang / Fandi Choirul Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran penjaga gawang futsal dan analisis kualitatif dan kuantitatif pada peserta ekstrakurikuler futsal di SMPN 15 Malang / Fandi Choirul Kurniawan

Kurniawan, Fandi Choirul (2018) Pengembangan pembelajaran penjaga gawang futsal dan analisis kualitatif dan kuantitatif pada peserta ekstrakurikuler futsal di SMPN 15 Malang / Fandi Choirul Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniawan Fandi Choirul. 2018. Pengembangan Pembelajaran Penjaga Gawang Futsal dan Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Pada Peserta Ekstrakurikuler Futsal Di SMPN 15 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata Kunci Penjaga gawang futsal analisa gerak Berdasarkan pengalaman peneliti yang pernah diminta membantu melatih di ekstrakurikuler futsal Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Malang dapat menyimpulkan bahwa dalam proses latihan seorang penjaga gawang tidak pernah diberikan materi latihan khusus untuk penjaga gawang latihan hanya terfokus pada pemain saja. Sesekali waktu hanya pada saat pemberian materi variasi latihan shooting penjaga gawang baru merasakan latihan untuk selebihnya tidak pernah ada latihan khusus. Bahkan latihan shooting juga jarang dilakukan latihan langsung mengarah kepada game. Pada saat situasi game keterampilan seorang penjaga gawang untuk menjaga gawangnya sangat kurang adanya dilihat dari penempatan posisi yang masih salah dan juga dalam situasi mendapat serangan seringkali tendangan yang dilakukan pemain lawan tidak bisa untuk ditepis oleh penjaga gawang. Hal itu justru yang akan menyebabkan kerugian pada tim jika pada saat pertandingan berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran penjaga gawang dalam futsal yang mengacu pada prinsip-prinsip serta teknik latihan yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Malang Malang serta menganalisis gerakan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada teori Research Development (R D) dari Borg Gall (1983 775). Validasi ahli ada 4 yaitu ahli pembelajaran ahli penjaga gawang ahli biomekanika dan ahli media. Jumlah subyek uji coba kelompok kecil sebanyak 6 subyek dan kemlompok besar sebanyak 24 subyek. Hasil dari evaluasi ahli pembelajaran 92 1% (dapat digunakan tanpa perbaikan) ahli penjaga gawang 91 1% (dapat digunakan tanpa perbaikan) ahli biomekanika 80 5% (dapat digunakan dengan revisi seperlunya) ahli media 76 4% (dapat digunakan dengan revisi seperlunya). Dari hasil uji coba kelompok kecil didapat rata-rata 96 8% (dapat digunakan tanpa perbaikan) dan untuk uji coba kelompok besar didapat rata-rata 97 6% (dapat digunakan tanpa perbaikan) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran penjaga gawang futsal dan analisis kualitatif dan kuantitatif bagi ekstrakurikuler futsal di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Malang dinyatakan layak dan valid untuk digunakan. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat mempermudah proses pembelajaran penjaga gawang di ekstrakurikuler futsal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50650

Actions (login required)

View Item View Item