Wicaksono, Candra Wahyu (2018) Survei rencana pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMPN 9 Malang / Candra Wahyu Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Wahyu Candra 2017. Survei Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMPN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. M.E Winarno M.Pd. Kata Kunci Survei RPP PJOK. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan suatu kegiatan pendidikan dalam suatu lingkup sekolah dalam pelaksanaannya dirancang secara sistematis agar tercapainya tujuan dalam pembelajaran didalamnya terdapat aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Dalam pelaksanaan pembelajaran perlunya memperhatikan perencanaan pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan maka lebih diperhaikan dalam penyusunan perangkat pembelajaran yaitu RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan dan kesesuaian penyusunan RPP yang dibuat oleh guru PJOK di SMPN 9 Malang dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi RPP angket yang disesuaikan dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang perencanaan pembelajaran untuk mengetahui kelengkapan dan kesesuaian RPP dengan peraturan yang ditetapkan. Adapun subjek penelitian ini adalah guru PJOK di SMPN 9 Malang yang berjumlah 3 orang dengan jumlah 9 RPP. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa komponen yang harus dicantumkan pada RPP yang diatur dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 diantaranya sebagai berikut identitas RPP perumusan indikator perumusan tujuan pembelajaran pemilihan materi ajar perumusan metode pembelajaran pemilihan media alat dan sumber belajar langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Berdasarkan hasil penelitian pada 9 RPP yang kemudian dipersentasekan berdasarkan kelengkapan 80% dan untuk kesesuaian 78%. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru PJOK di SMPN 9 Malang dalam menyusun RPP termasuk dalam kategori Baik. Namun terdapat beberapa komponen dalam RPP yang perlu diperhatikan lagi dalam menyusun RPP oleh guru PJOK di SMPN 9 Malang. Berdasarkan kelengkapan RPP yang perlu diperhatikan yaitu perumusan tujuan pembelajaran perumusan indikator yaitu pada penggunaan kata kerja operasional pemilihan materi dan perumusan metode pembelajaran. Sedangkan pada kesesuaian RPP yang perlu diperhatikan yaitu perumusan perumusan tujuan pembelajaran pemilihan materi pembelajaran perumusan metode pembelajaran dan perumusan indikator.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50644 |
Actions (login required)
View Item |