Pengaruh Metode Pembelajaran Drill dan Metode Bermain terhadap Hasil Pembelajaran Passing Peserta didik Pada Ekstrakurikuler Futsal MAN 1 Malang / Yusuf Firda Yunianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Metode Pembelajaran Drill dan Metode Bermain terhadap Hasil Pembelajaran Passing Peserta didik Pada Ekstrakurikuler Futsal MAN 1 Malang / Yusuf Firda Yunianto

Yunianto, Yusuf Firda (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Drill dan Metode Bermain terhadap Hasil Pembelajaran Passing Peserta didik Pada Ekstrakurikuler Futsal MAN 1 Malang / Yusuf Firda Yunianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yunianto Yusuf Firda. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Drill dan Metode Bermain terhadap Hasil Pembelajaran Passing Peserta didik Pada Ekstrakurikuler Futsal MAN 1 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hariyoko M. Pd. Kata Kunci metodedrill metodebermain passing futsal futsal. Metode pembelajaran merupakan suatu strategi mengajar atau model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan mempermudah peserta didik untuk mencapai suatu kompetensi tertentu. Metode Pembelajaran yang dipilih guru sangat menentukan efektivitassuatu informasi yang disampaikan pada pembelajaran untuk membuat peserta mudah memahami suatu informasi yang masuk. Pemberian metode pembelajaran yang sesuai targetdapat menghasilkan pembelajaran yang efektif dan dapat mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Passing Futsal terhadap Hasil Belajar PassingPeserta Ekstrakurikuler Futsal di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen sungguhan dengan two group randomize pretest-postest group design. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler futsal di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang sebanyak 24 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan metode drill berjumlah 12 orang dan kelompok perlakuan metode bermain berjumlah 12 orang.Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis variansi satu jalurpadatarafsignifikansi 0 05 ( 945 0 05). Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan perlakuan metodedrillmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang(Fhitung6 27 Ftabel 4 30) (2) pembelajaran perlakuan metodebermainmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passingfutsal peserta ekstrakurikuler futsal Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang(Fhitung4 99 Ftabel4 30) (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan pembelajaranmetodedrill dan metodebermainterhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal (Fhitung0 63 Ftabel4 17) tetapiberdasarkan rata-rata peningkatanskorawaldanakhir pembelajaran dengan metodedrill memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang di awali dengan metode drill memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding pembelajaran yang diawali dengan metode bermain terhadap hasil belajar passing peserta ekstrakurikuler futsal di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang. Saran yang dapat diberikan kepada pembina sekaligus pelatih ekstrakurikuler futsal Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang karena pembelajaran dengan perlakuan metode drill lebih efektif dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50641

Actions (login required)

View Item View Item