Pengaruh pembelajaran variasi dribble menggunakan modifikasi bola plastik terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan dribble sepakbola siswa kelas XI SMAN 5 Malang / Miqdad Yosi Nizhom Fahmi

Fahmi, Miqdad Yosi Nizhom (2018) Pengaruh pembelajaran variasi dribble menggunakan modifikasi bola plastik terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan dribble sepakbola siswa kelas XI SMAN 5 Malang / Miqdad Yosi Nizhom Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fahmi, Miqdad Y N. 2018. Pengaruh Pembelajaran Variasi Dribble Lurus dan Dribble Zig-Zag Menggunakan Modifikasi Bola Plastik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Dribble Sepakbola Siswa Kelas XI SMAN 5 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes. Kata Kunci: Dribble, Lurus, Modifikasi, Sepakbola, Zig-zag. Berdasarkan hasil tes awal (pretest) dengan menggunakan tes keterampilan dribble sepakbola yang terbagi dalam kategori baik sekali, baik, cukup, kurang, kurang sekali. Dari jumlah 34 sampel siswa kelas XI dapat diketahui 1 siswa dengan persentase 2,94% termasuk kategori baik sekali, 10 siswa dengan persentase 29,41% termasuk kategori baik, 9 siswa dengan persentase 26,47% termasuk kategori cukup, 4 siswa dengan persentase 11,76% temasuk kategori kurang, dan 10 siswa dengan persentase 29,41% termasuk kategori kurang sekali. Keterampilan dribble sepakbola siswa kelas XI SMAN 5 Malang belum maksimal, sehingga belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul ÔÇ£Pengaruh Pembelajaran Variasi Dribble Lurus dan DribbleZig-Zag Menggunakan Modifikasi Bola Plastik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Dribble Sepakbola Siswa Kelas XI SMAN 5 MalangÔÇØ. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran variasi dribble lurus dan dribblezig-zag terhadap peningkatan hasil belajar dribble sepakbola. Rancangan penelitian menggunakan rancangan eksperimental semu berupa Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian siswa kelas XI IPS 1 SMAN 5 Malang berjumlah 38 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik systematic proportional random sampling dengan presentase sebesar 90% berjumlah 34 siswa dibagi menjadi 2 kelompok dengan teknik ordinal pairing matching. Penelitian menggunakan instrumen tes dan non- tes, dan pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, eksperimen, dan observasi. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan dan analisis varian satu jalur (one way anova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil analisis data diperoleh thitung 7,54 > ttabel α 0,05 2,12 untuk pembelajaran variasi dribble lurus, thitung 13,77 > ttabel α 0,05 2,12 untuk pembelajaran variasi dribble zig-zag, analisis varian satu jalur (one way anova) sebesar Fhitung 5,324 > Ftabel α 0,05 4,149, dan uji LSD sebesar X ̅_1 vs X ̅_2 1,0159 > LSD α 0,05 0,0185. pada kelompok pembelajaran variasi dribble lurusterdapat peningkatan hasil tes dribble sepakbola sebesar 3,29 detik, dan pada kelompok pembelajaran variasi dribblezig-zag terdapat peningkatan hasil tes dribble sepakbola sebesar 2,53 detik. Dapat disimpulkan pada pembelajaran variasi dribble lurusterdapat peningkatan yang lebih besar dibandingkan pembelajaran variasi dribblezig-zag.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50640

Actions (login required)

View Item View Item