Pengaruh pembelajaran metode drill dan penugasan terhadap peningkatan hasil belajar ability gerak lokomotor lari siswa kelas V SD Negeri Lesanpuro 4 Malang / Diky Priyo Jatmiko

Jatmiko, Diky Priyo (2018) Pengaruh pembelajaran metode drill dan penugasan terhadap peningkatan hasil belajar ability gerak lokomotor lari siswa kelas V SD Negeri Lesanpuro 4 Malang / Diky Priyo Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Jatmiko, Diky P. 2018. Pengaruh Pembelajaran Metode Drill dan Penugasan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ability Gerak Lokomotor Lari Siswa Kelas V SD Negeri Lesanpuro 4 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes. Kata kunci: Lokomotor, Lari, Metode Drill, Metode Penugasan. Gerak lokomotor lari siswa belum maksimal dan belum mencapai standart kkm (kriteria ketuntasan minimal). Berarti penting dilakukan penelitian yang berhubungan dengan masalah gerak lokomotor lari siswa. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan judul ÔÇ£Pengaruh Pembelajaran Metode Drill dan Penugasan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ability Gerak Lokomotor Lari Siswa Kelas V SD Negeri Lesanpuro 4 MalangÔÇØ. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh perbedaan sesudah memperoleh pembelajaran metode drill dan penugasan terhadap hasil belajar kemampuan gerak lokomotor lari siswa kelas V SD Negeri Lesanpuro 4 Malang. Penelitian menggunakan rancangan eksperimental berbentuk randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian berjumlah 34 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik systematic proportional random sampling dengan prosentase sebesar 90% dari 34 siswa, sehingga jumlah sampel kurang lebih 30 siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik ordinal pairing matching. Penelitian menggunakan instrumen tes dan non tes. Pengumpulan data menggunakan (1) teknik pengukuran bentuk tes yaitu tes kecepatan lari 40 meter; (2) teknik eksperimen dengan memberikan perlakuan; (3) teknik observasi untuk mengamati tes dan pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik one way anova dan pengujian hipotesis menggunakan α = 0,05. Pada kelompok pembelajaran drill siswa putra diperoleh thitung 3,6599 > tTabel 2,45 dan drill putri thitung 5,6335 > ttabel 2,36. Pembelajaran metode penugasan siswa putra diperoleh thitung 2,7234 > ttabel 2,45 dan penugasan putri thitung 11,2928 > tTabel 2,36. Analisis varian satu jalur dan LSD α = 0,05 diperoleh (Fhitung18,449 > Ftabel 0,05 4,18 dan X 𝟏vs X 𝟐0,86 > LSD 0,02. Pada kelompok pembelajaran metode drill putra terdapat peningkatan hasil tes lari 40 meter sebesar 0,72 detik dan kelompok drill putri terdapat peningkatan sebesar 1,26 detik. Pada kelompok pembelajaran metode penugasan putra terdapat peningkatan hasil tes lari 40 meter sebesar 0,49 detik dan kelompok penugasan putri terdapat peningkatan sebesar 1,04 detik. Dari data tersebut menunjukkan bahwa pada pembelajaran metode drill terdapat peningkatan yang lebih besar dibandingkan pembelajaran metode penugasan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran metode drill peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada pembelajaran menggunakan metode penugasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50639

Actions (login required)

View Item View Item