Pengembangan Pembelajaran Kuda-kuda dan Pola Langkah Beladiri Pencak Silat dengan Metode Permainan Bagi Siswa SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Radiktya Surya Laksana

Laksana, Radiktya Surya (2018) Pengembangan Pembelajaran Kuda-kuda dan Pola Langkah Beladiri Pencak Silat dengan Metode Permainan Bagi Siswa SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Radiktya Surya Laksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laksana Radiktya Surya. 2018. Pengembangan Pembelajaran Kuda-kuda dan Pola Langkah Beladiri Pencak Silat dengan Metode Permainan Bagi Siswa SDN Lowokwaru 5 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Eko Hariyanto M.Pd Kata Kunci pembelajaran pendidikan jasmani kuda-kuda pola langkah pencak silat metode permainan. Dalam proses pembelajaran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan harus mempunyai metode untuk menyampaikan pembelajaran serta media pembelajaran untuk memudahkan proses pembelajaran. Metode pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik siswa. Dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mengedepankan peningkatan aspek kognitif afektif dan psikomotor dapat diterapkan dalam materi beladiri pencak silat. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan dengan penyebaran angket analisis kebutuhan terhadap satu guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SDN Lowokwaru 5 Kota Malang beserta siswa kelas 4 dan kelas 5 yang menyatakan perlu membutuhkan model pembelajaran yang lebih mudah dilaksanakan menyenangkan dengan metode permainan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran kuda-kuda dan pola langkah beladiri pencak silat dengan metode permainan bagi siswa SDN Lowokwaru 5 Kota Malang yang diharapkan dapat membantu proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada teori Research Development (R D) dari Borg Gall (1983 775) yang semula 10 langkah yang dikemukakan oleh Brog and Gall namun peneliti sederhanakan menjadi 7 langkah yang meliputi (1) pengumpulan informasi (2) rancangan produk awal (3) evaluasi ahli (4) revisi I rancangan produk (5) uji coba kecil (6) revisi II dan uji coba lapangan (7) revisi dan produk akhir. Hasil evaluasi ahli diperoleh ahli pembelajaran 92 5% (dapat digunakan tanpa perbaikan) ahli media 84 72% (dapat digunakan tanpa perbaikan) dan ahli pencak silat 84 21% (dapat digunakan tanpa perbaikan) sehingga siap untuk di uji cobakan. Untuk hasil uji coba kelompok kecil dengan secara keseluruhan persentase yang diperoleh sebanyak 90% (dapat digunakan tanpa perbaikan). Kemudian data hasil uji kelompok besar dengan secara keseluruhan persentase yang diperoleh sebanyak 86 2% (dapat digunakan tanpa perbaikan). Saran yang dapat diberikan kepada guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SDN Lowokwaru 5 Kota Malang sebaiknya pembelajaran beladiri pencak silat dengan materi kuda-kuda dan pola langkah ditekankan dengan metode permainan karena perolehan hasil penelitian yang dilakukan siswa menyatakan sangat mudah dilakukan sangat menarik sangat meyenangkan dan sangat bermanfaat sesuai dengan tujuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50638

Actions (login required)

View Item View Item