Pengembangan pembelajaran gerak dasar lari menggunakan media kertas untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang / Elok Dian Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran gerak dasar lari menggunakan media kertas untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang / Elok Dian Fatmawati

Fatmawati, Elok Dian (2012) Pengembangan pembelajaran gerak dasar lari menggunakan media kertas untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang / Elok Dian Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Gerak Dasar lari Media Kertas. Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang telah menerapkan pembelajaran Pendidikan Jasmani dimana dalam standart kompetensinya terdapat kompetensi gerak dasar berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan guru belum pernah melaksanakan pembelajaran gerak dasar lari menggunakan permainan sehingga siswa kurang tertari dan aktif dalam pembelajaran gerak dasar lari. Maka disusun rancangan produk pengembangan pembelajaran gerak dasar lari menggunakan media kertas. Media kertas yang digunakan berupa kertas yang dibentuk menjadi 3 macam yaitu (1) baling-baling kertas (2) spiral kertas (3) lembaran kertas. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan (research and development) dari Borg dan Gall (1983 475) yang terdiri dari sepuluh langkah. Namun menurut Ardhana (2002 9) setiap pengembang tentu saja dapat memilih dan menentukan langkah-langkah yang paling tepat bagi peneliti dengan mempertimbangkan kondisi yang dihadapi dalam proses pengembangan. Maka peneliti melakukan modifikasi untuk menggunakan 7 langkah dari langkah Borg and Gall dengan tidak menggunakan langkah ke delapan hingga kesepuluh. Sehingga prosedur penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah 1) melakukan penelitian awal (need assesment) 2) melakukan perencanaan selanjutnya dievaluasi oleh para ahli 3) mengembangkan produk awal 4) melakukan uji coba kelompok kecil dengan 6 subyek 5) melakukan revisi terhadap produk awal 6) melakukan uji coba lapangan(kelompok besar) denga 33 subyek 7) melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Pembelajaran ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli yaitu satu orang ahli pembelajaran dan dua orang ahli atletik. Hasil analisis data yang diperoleh adalah 100% siswa mudah dalam melakukan pembelajaran gerak dasar lari menggunakan media dari kertas 100% siswa senang dalam melakukan pembelajaran gerak dasar lari menggunakan media kertas pembelajaran gerak dasar lari menggunakan media dari kertas 100% aman untuk dilakukan siswa. Sehingga diharapkan pengembangan pembelajaran gerak dasar lari menggunakan media dari kertas ini bisa menjadi salah satu alternatif pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi gerak dasar lari agar lebih menarik sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50611

Actions (login required)

View Item View Item