Survei kondisi sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan tingkat SMP negeri di Kabupaten Blitar / Galih Candra Aji

Aji, Galih Candra (2019) Survei kondisi sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan tingkat SMP negeri di Kabupaten Blitar / Galih Candra Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Aji, Galih Candra. 2019. Survei Kondisi Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Tingkat SMP Negeri Di Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd., (2) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: survei, sarana dan prasarana, SMP Negeri, Blitar. Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu wacana penting dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut pemerintah telah menyusun kurikulum dan menentukan matapelajaran salah satunya Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Pendidikan jasmani mempunyai peranan penting dalam kegiatan pembelajaran disekolah yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktifitas jasmani. Agar pembelajaran pendidikan jasmani dapat berjalan dengan baik, diperlukan sarana dan prasarana yang baik dan sesuai dengan standar. Belum adanya data yang akurat mengenai kondisi sarana dan prasarana mendorong peneliti untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan, kondisi dan jumlah sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan kesehatan tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Blitar. Diharapkan dengan penelitian ini dapat memberi masukan pada pihak tertentu, seperti sekolah dan Dinas Pendidikan setempat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling wilayah (area sampling), membagi wilayah Kabupaten Blitar menjadi 4 bagian. Adapun proses pengumpulan data pada penelitian ini terdapat dua tahap, yaitu 1) persiapan dan 2) pelaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Wlingi memperoleh hasil 48,5%, ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Talun memperoleh hasil 64,8%, ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Kesamben memperoleh hasil 62%, ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Binangun memperoleh hasil 30,7%, ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Sutojayan memperoleh hasil 50,9%, ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Sutojayan memperoleh hasil 45,6%, ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Sanankulon memperoleh hasil 31,6%, ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Ponggok memperoleh hasil 52,5%. Dari hasil analisis tersebut berdasarkan skor serta kategori kelayakan diketahui bahwa sebanyak 62,5% sekolah di Kabupaten Blitar termasuk dalam kategori Kurang Layak, dan sebanyak 37,5% masuk dalam kategori Cukup Layak, untuk kategori Tidak Layak sebanyak 0% begitu juga untuk Kategori Layak sebanyak 0%. Jadi dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana yang tersedia pada SMP Negeri di Kabupaten Blitar mendapatkan skor 48,35% dan termasuk dalam kategori Kurang Layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50606

Actions (login required)

View Item View Item