Pengaruh metode drill dan metode small-sided games terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 19 Malang / Abdullah Fatoni

Fatoni, Abdullah (2018) Pengaruh metode drill dan metode small-sided games terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 19 Malang / Abdullah Fatoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fatoni Abdullah. 2018. Pengaruh Metode Drill dan Metode Small-Sided Games terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing dan Control Sepakbola Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang. Skripsi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci metode pembelajaran passing sepakbola hasil belajar ekstrakurikuler SMP. Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan setiap timnya terdiri dari sebelas orang dan beberapa pemain cadangan yang bertujuan untuk memenangkan pertandingan dengan cara memasukkan bola ke gawang tim lawan. Olahraga sepakbola sangat digemari oleh semua kalangan dan dari segala umur sehingga tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia untuk memainkan permainan ini. Rancangan penelitian ini menggunakan metode drill dan metode small sided games. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh metode drill dan metode small-sided games terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian the matching pretest-posttest comparison group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta dimana 15 peserta sebagai kelompok drill dan 15 peserta sebagai kelompok small-sided games yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran metode drill memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang (Fhitung 17 51 Ftabel 4 20) (2) pembelajaran metode small-sided games memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang (Fhitung 16 57 Ftabel 4 20) (3) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran metode drill dengan small-sided games terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Malang (Fhitung 0 17 Ftabel 4 20) tetapi berdasarkan rata-rata skor akhir pembelajaran drill memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode drill memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan pembelajaran menggunakan metode small-sided games terhadap hasil belajar keterampilan passing dan control sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola Sekolah Menengah Pertama. Saran yang dapat diberikan adalah pembelajaran metode drill dan metode small-sided games dapat digunakan dalam pembelajaran gerak lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50592

Actions (login required)

View Item View Item