Peningkatan kondisi fisik pada unsur kekuatan dalam pembelajaran kebugaran jasmani melalui metode bermain pada siswa kelas VIII-B di SMPN 11 Malang / Wida Ayuningtyas

Ayuningtyas, Wida (2018) Peningkatan kondisi fisik pada unsur kekuatan dalam pembelajaran kebugaran jasmani melalui metode bermain pada siswa kelas VIII-B di SMPN 11 Malang / Wida Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ayuningtyas, Wida. 2018. Peningkatan Kondisi Fisik Pada Unsur Kekuatan Dalam Pembelajaran Kebugaran Jasmani Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas VIII-B di SMP Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd (II) Usman Wahyudi, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Peningkatan, Kondisi Fisik, Kekuatan, Kebugaran Jasmani, Metode Bermain Kebugaran jasmani merupakan salah satu materi yang masuk dalam kompetensi dasar Kurikulum K13. Namun pada pembelajaran kebugaran jasmani di kelas VIII-B SMPN 11 Malang belum mencapai kompetensi dasar sepenuhnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya rekaman data terdahulu dari guru pendidikan jasmani dan tes awal yang diberikan peneliti. Kelima butir tes yang telah dilakukan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa unsur kekuatan pada tes push up dengan persentase 28,24% untuk putra dan putri sebesar 24%, pada tes sit up putra sebesar 42,35%, putri sebesar 41,33%. Hal tersebut sesuai dengan data terdahulu yang dimiliki oleh guru pendidikan jasmani yang menyatakan bahwa unsur kekuatan siswa tergolong kurang. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan pembelajaran sebelumnya, guru mengalami kesulitan dalam menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar siswa dapat lebih bersemangat. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode bermain dalam pembelajaran kebugaran jasmani yang menyenangkan dan sesuai karakteristik siswa, agar dapat lebih bersemangat mengikuti pelajaran serta tujuan meningkatkan kebugaran jasmani dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan unsur kekuatan dari bagian kebugaran jasmani dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas VIII-B di SMPN 11 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan), dokumentasi, wawancara, tes awal dan catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 11 Malang dengan jumlah 32 orang siswa, yang terdiri dari 15 siswa putri dan 17 siswa putra. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan unsur kekuatan pada siswa kelas VIII-B. Peningkatan pada unsur kekuatan khususnya tes push up sebesar 38,47% menjadi 64,71% dikategorikan ÔÇ£baikÔÇØ, putri meningkat 32% menjadi 56% dikategorikan ÔÇ£cukupÔÇØ. Kemudian untuk tes sit up putra meningkat sebesar 31,77% menjadi 74,12% dikategorikan ÔÇ£baikÔÇØ, putri sebesar 21,34% menjadi 62,67% dikategorikan ÔÇ£baikÔÇØ. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain dapat meningkatkan kondisi fisik siswa pada unsur kekuatan dalam pembelajaran kebugaran jasmani siswa kelas VIII-B di SMPN 11 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50577

Actions (login required)

View Item View Item