Studi tentang kemampuan motorik berdasarkan modifikasi waktu belajar PJOK di SMP Negeri Kota Malang / Yoga Budi Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kemampuan motorik berdasarkan modifikasi waktu belajar PJOK di SMP Negeri Kota Malang / Yoga Budi Raharjo

Raharjo, Yoga Budi (2018) Studi tentang kemampuan motorik berdasarkan modifikasi waktu belajar PJOK di SMP Negeri Kota Malang / Yoga Budi Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Raharjo Yoga B. 2018. Studi Kemampuan Motorik Berdasarkan Modifikasi Waktu Belajar PJOK di SMP Negeri Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Febrita P. Heynoek S.Pd M.Pd (II) Drs. Sugiyanto M.Pd. Kata kunci Kemampuan motorik modifikasi waktu belajar PJOK Kemampuan motorik memegang peran penting dalam setiap kegiatan. Dengan kemampuan motorik yang baik setiap kegiatan dapat dilakukan dengan mudah terutama untuk kegiatan fisik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan waktu pada pembelajaran PJOK yang ada di SMPN Kota Malang. Perbedaan waktu tersebut adalah modifikasi waktu belajar PJOK dengan 3 jam praktek dan 2 jam praktek dilanjutkan 1 jam materi pembelajaran PJOK. Sedangkan sampai saat ini belum ditemukan analisis tentang gambaran data kemampuan motorik yang berdasarkan modifikasi waktu belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik siswa berdasarkan modifikasi waktu belajar dengan 3 jam waktu pembelajaran PJOK di sekolah. Kemudian untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik siswa berdasar modifikasi waktu belajar 2 jam praktek dilanjutkan 1 jam materi pembelajaran PJOK di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Penelitian survei adalah cara mengumpulkan data dari sejumlah unit atau individu dalam waktu (atau jangka waktu) yang bersamaan. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah Barrow Motor Ability Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN Kota Malang dengan jumlah 22.469 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 257 siswa dari 4 SMPN. Berdasarkan hasil tes didapatkan bahwa tingkat kemampuan motorik pada siswa dengan 3 jam pembelajaran PJOK di SMPN Kota Malang pada keseluruhan tes kemampuan motorik siswa perempuan 6% masuk dalam kategori kurang sekali dan 8% kategori baik sekali siswa laki-laki 7% masuk dalam kategori kurang sekali dan 5% kategori baik sekali. Kemudian untuk siswa dengan 2 jam praktek dilanjutkan 1 jam materi pembelajaran PJOK di SMPN Kota Malang siswa perempuan 0% masuk kategori kurang sekali dan 13% dalam kategori baik sekali siswa laki-laki 8% kategori kurang sekali dan 5% dalam kategori baik sekali. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kemampuan motorik siswa SMPN Kota Malang dengan 3 jam pembelajaran PJOK untuk perempuan masuk dalam kategori sedang dan laki-laki masuk dalam kategori sedang. Sedangkan tingkat kemampuan motorik siswa SMPN Kota Malang dengan 2 jam dan 1 jam pembelajaran PJOK untuk perempuan masuk dalam kategori kurang dan laki-laki masuk dalam kategori sedang. Saran yang dapat diberikan untuk modifikasi waktu belajar PJOK perlu ditambah waktunya terutama frekuensi dalam setiap minggu agar dapat mencapai tingkat kemampuan motorik yang baik ataupun tujuan dari pendidikan jasmani itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50567

Actions (login required)

View Item View Item