Meningkatkan keterampilan teknik dasar passing bawah dan passing atas permainan bolavoli melalui metode drill pada peserta ekstrakurikuler putri SMP Negeri 21 Malang / Vivin Febriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan teknik dasar passing bawah dan passing atas permainan bolavoli melalui metode drill pada peserta ekstrakurikuler putri SMP Negeri 21 Malang / Vivin Febriyanti

Febriyanti, Vivin (2018) Meningkatkan keterampilan teknik dasar passing bawah dan passing atas permainan bolavoli melalui metode drill pada peserta ekstrakurikuler putri SMP Negeri 21 Malang / Vivin Febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriyanti Vivin. 2018. MeningkatanKeterampilanTeknikDasarPassingBawah danPassingAtasPermainanBolavoliMelaluiMetodeDrillPada PesertaEkstrakurikulerPutriSMPNegeri 21 Malang. Skripsi JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. AgusTomi M.Pd (II) FahrialAmiq S.Or. M.Pd Kata Kunci Peningkatan drill passingbawah passingatas permainanbolavoli Berdasarkanhasilobservasiawal yang dilakukanolehpeneliti tingkatpenguasaanketerampilanteknikdasarpassingbawah dan passing atas padapesertaekstrakurikulerbolavoli putriSMP Negeri 21 Malang masihkurangsekali. Hal tersebutdapatdibuktikanpadahasiltesyaitudarijumlah 15 pesertaputri 6 peserta (40%) memperolehskor di atas rata-ratapadateknikdasarpassingbawah dan 5 peserta (33 3%) memperolehskor di bawah rata-ratapadateknikdasarpassingatas. Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmeningkatkanketerampilanteknikdasar passing bawahdan passing ataspermainanbolavolimelaluimetode drill. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakanolahragadenganpendekatandeskriptifkualitatifdandeskripstifkuantitaif.Subjekdalampenelitianiniadalah 15 pesertaputriekstrakurikulerbolavoli SMP Negeri 21 Malang. Penelitian tindakan ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini masing-masing siklus dilakukan selama 4 minggu dengan 8 kali pertemuan. Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatan peserta dalam melakukan keterampilan teknik dasar passing bawah dan passing atas permainan bolavoli setelah dilakukan latihan dengan menggunakan metode drill.Tingkat keberhasilan peserta pada siklus 1 teknik dasarpassing bawah mendapatkan hasil yaitu keberhasilan peserta pada minggu kedua pertemuan keempat dengan persentase53 3% pada minggu keempat pertemuan kedelapan dengan persentase 66 7%. Sedangkan pada teknik dasar passing atas mendapatkan hasil yaitu keberhasilan peserta pada minggu kedua pertemuan keempat dengan persentase 40% pada minggu keempat pertemuan kedelapan dengan persentase 53 3%. Pada siklus 2 teknik dasar passing bawah mendapatkan hasil yaitu keberhasilan peserta pada minggu kedua pertemuan keempat dengan persentase 86 7% pada minggu keempat pertemuan kedelapan dengan persentase 100%. Sedangkan pada teknik dasar passing atas mendapatkan hasil yaitu keberhasilan peserta pada minggu kedua pertemuan keempat dengan persentase 60% pada minggu keempat pertemuan kedelapan dengan persentase 80%. Kesimpulannya adalah dengan menggunakan metode drill dalam latihan dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar passingbawahdanpassingatas permainan bolavoli pada peserta putri ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 21 Malang.Saran yang dapatdiberikanyaitupenelitianinidapatdijadikanreferensibagipeneliti yang lain untukmeningkatkanketerampilan teknik dasar passingbawahdanpassingatas permainan bolavolimelaluimetodedrill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50554

Actions (login required)

View Item View Item