Pelaksanaan program pelatihan keterampilan bagi orang dengan kecacatan di Rumah Kasih Sayang Kampung Idiot Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo / Erina Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program pelatihan keterampilan bagi orang dengan kecacatan di Rumah Kasih Sayang Kampung Idiot Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo / Erina Fitriani

Fitriani, Erina (2014) Pelaksanaan program pelatihan keterampilan bagi orang dengan kecacatan di Rumah Kasih Sayang Kampung Idiot Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo / Erina Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriani Erina. Pelaksanaan Program Pelatihan Keterampilan bagi ODK di Rumah Kasih Sayang Kampung Idiot Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. MA. Prawoto M.Pd. (2) Drs. Sucipto M.S. Kata Kunci pelatihan ketrampilan pemberdayaan orang dengan kecacatan Program pelatihan ketrampilan merupakan upaya untuk memberdayakan orang dengan kecacatan (ODK) melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat suatu produk ketrampilan sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing ODK. Education for all merupakan prinsip PLS yang harus dipertimbangkan karena semua orang berhak menerima pendidikan termasuk Orang Dengan Kecacatan. Penelitian ini dilakukan di Organisasi Sosial Rumah Kasih Sayang yang merupakan lembaga yang memberikan program pelatihan ketrampilan terhadap ODK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pelatihan ketrampilan dalam pemberdayaan orang dengan kecacatan dilembaga tersebut. Penelitian ini diklasifikasikan dalam penelitian deskriptif melalui analisis kuantitatif. Penelitian ini bersifat penelitian populasi. Populasi dari penelitian ini yaitu pengurus dan kader di Orsos Rumah Kasih Sayang Ponorogo. Jumlah populasi keseluruhan yaitu 27 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan program pelatihan ketrampilan dalam pemberdayaan ODK bertujuan untuk memberdayakan ODK dalam hal ini ODK berdaya dari segi ekonomi dan sosial. (2) materi pelatihan ketrampilan yang dipilih disesuaikan dengan kemampuan ODK dan materi yang dipilih mengandung sangat mudah diterima ODK. (3) metode yang digunakan dalam pelatihan ketrampilan adalah metode demonstrasi metode ini dipilih karena sangat sesuai dengan kebutuhan ODK. (4) media yang digunakan dalam pelatihan ketrampilan ini sangat menyesuaikan dengan karakteristik ODK dan telah memenuhi kriteria media pembelajaran. (5) hasil dari pelatihan ketrampilan dapat merubah sikap ODK menjadi lebih baik keaktifan ODK dalam mengikuti program pelatihan ketrampilan sangat baik dan meningkatkan kemampuan ketrampilan masing-masing ODK. Pelaksanaan program pelatihan ketrampilan memerlukan kerjasama antara kader dengan keluarga ODK. Metode yang digunakan lebih lebih variatif dengan menciptakan metode khusus untuk ODK sehingga pelatihan ketrampilan dapat tertranformasikan dengan baik. Peran kader sangat diperlukan dalam pelaksanaan program pelatihan ketrampilan. Oleh karena itu pendidik diharapkan mempunyai kemampuan dalam mengajarkan pelatihan ketrampilan bagi ODK. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya mengenai kajian dengan tema serumpun dengan mengkaji penelitian ini lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item