Sejati, Ervina Septia (2018) Pengembangan media pembelajaran signal-signal perwasitan permainan bolavoli menggunakan animasi dalam pembelajaran PJOK untuk kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumberpucung / Ervina Septia Sejati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Sejati Ervina Septia. 2018. Pegembangan Media Pembelajaran Signal-Signal Perwasitan Permainan Bolavoli Menggunakan Animasi Dalam Pembelajaran PJOK Untuk Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Sumberpucung. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Tomi M.Pd (II) Febrita Paulina Heynoek S.Pd M.Pd Kata kunci signal perwasitan bolavoli animasi pembelajaran Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan hasil analisis kebutuhan siswa bahwa siswa kesulitan untuk memahami arti signal-signal perwasitan permainan bolavoli dan membutuhkan media pembelajaran signal-signal permainan bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Sebesar 83 3% dari 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumberpucung menyatakan kurang memahami arti signal-signal perwasitan permainan bolavoli. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran tentang pengenalan signal-signal perwasitan permainan bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumberpucung. Signal-signal perwasitan permainan bolavoli dikemas dalam bentuk multimedia menggunakan animasi. Metode pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Research and Development (R D) dari model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE merupakan lima tahapan pengembangan yang terdiri dari Analyze (analisis) Design (perancangan) Development and Implementation (pengembangan dan implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Hasil analisis data tinjauan ahli diperoleh dari 1 ahli perwasitan bolavoli dengan jumlah 92 2% dan 1 ahli media dengan jumlah 88 9%. Sedangkan hasil data pada uji coba produk dari uji coba kelompok kecil dengan jumlah 86 1% dan uji coba kelompok besar dengan jumlah 86 0%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa produk berkategori sangat valid sehingga pengembangan media pembelajaran signal-signal perwasitan permainan bolavoli menggunakan animasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan signal-signal perwasitan bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumberpucung. Dari simpulan yang dihasilkan maka disarankan media pengembangan ini digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk pengenalan dan pemahaman signal-signal perwasitan bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumberpucung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50547 |
Actions (login required)
View Item |