Kurniawan, Andreas Wahyu (2018) Meningkatkan pembelajaran renang gaya dada menggunakan part whole method untuk siswa kelas VIII B SMPK Frateran Celaket 21 Malang / Andreas Wahyu Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ii ABSTRAK Kurniawan Andreas Wahyu. 2013. Meningkatkan Pembelajaran Renang Gaya DadaMenggunakan Part Whole Method untuk Siswa Kelas VIIIB SMPK Frateran Celaket 21 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sulistyorini M.Pd (II) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd. M.Pd. Kata kunci meningkatkan keterampilan pembelajaran part whole method. Di dalam dunia pendidikan untuk mencapai kualitas pembelajaran yang baik maka diperlukan juga manajemen kurikulum yang baik pula. Salah satu kurikulum yang dipakai akhir-akhir ini adalah kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Salah satu materi dalam kurikulum tersebut adalah Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani keterampilan gerak keterampilan berfikir kritis keterampilan sosial penalaran stabilitas emosional tindakan emosional tindakan moral aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani olahraga dan kesehatan terpilih secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Pada materi Pendidikan Jasmani terdapat materi yang berisi tentang keterampilan peserta didik dalam melaksanakan olahraga cabang atletik salah satunya adalah lempar lembing. Demikian juga dengan kurikulum KTSP di SMPK Frateran Celaket 21 Malang yang menekankan siswa agar siswa dapat menemukan jati diri dengan belajar secara terampil. Salah satu materinya yaitu pembelajaran renang gaya dada masalah praktis yang dihadapi adalah bahwa peserta didik belum belajar secara terampil. Keterampilan peserta didik kelas VIII B SMPK Frateran Celaket 21 yang masih kurang dan masih dalam kategori kurang terampil sehingga peneliti ingin melakukan penelitian tindakan kelas dengan perubahan metode belajar yaitu part whole method yang digunakan untuk membantu meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas VIII B SMPK Frateran Celaket 21 Malang. Pembelajaran renang gaya dada menggunakan metode tersebut lebih berurutan dan lebih tertata dengan baik yang awalnya hanya sebesar 50 36% dengan penjelasan pada masing-masing indikator sebagai berikut 1)gerakan meluncur 83 34% 2) gerakan kaki 53 4% 3) gerakan tangan 47 7% 4) gerakan mengambil nafas 33 7 % 5) koordinasi gerakan 33 7 %. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Dimana pada penelitian ini terdapat empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) tindakan 3) pengamatan 4) refleksi yang kemudian bila ternyata belum mencapai target maka diadakan siklus selanjutnya sampai persyaratan belajar terpenuhi. Tindakan dilakukan dengan memodifikasi metode pembelajaran dengan menggunakan part whole method. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian yang terdiri dari lembar observasi keterampilan belajar peserta didik dan catatan lapangan. iii Pada siklus pertama diperoleh peningkatan menjadi 63 64% atau meningkat sebesar 13 27% dari prasiklus. Pada siklus kedua diperoleh peningkatan menjadi 82 94% atau meningkat sebesar 19 3% dari siklus I. Dengan hasil tersebut maka peneliti bersama dengan guru selaku observer merasa cukup dan menghentikan penelitian. keterampilan peserta didik berada dalam kategori sangat terampil yaitu diantara 81%-100%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50540 |
Actions (login required)
View Item |