Meningkatkan keterampilan teknik dasar dribble permainan bola basket menggunakan metode bermain bagi siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Malang / Solekah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan teknik dasar dribble permainan bola basket menggunakan metode bermain bagi siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Malang / Solekah

Solekah (2018) Meningkatkan keterampilan teknik dasar dribble permainan bola basket menggunakan metode bermain bagi siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Malang / Solekah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Solekah 2018. Meningkatan Keterampilan Teknik Dasar Dribble Permainan Bolabasket Menggunakan Metode Bermain Bagi Siswa Kelas VIIIA Di SMP Negeri 2 Malang . Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd Kata Kunci Dribble bolabasket permainan bolabasket metode bermain Idealnya teknik dasar dalam permainan bolabasket yang terpenting yaitu passing shooting dan dribble tetapi kenyataan secara umum bahwa pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 2 Malang kelas VIIIA yang berjumlah 32 siswa tidak optimal. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor antara lain metode yang diberikan oleh guru belum bervariasi yaitu metode ceramah demonstrasi dan dapat diketahui hasil keterampilan teknik dasar dribble memiliki persentase kebenaran yang paling terendah dibandingkan teknik dasar lainya yaitu shooting 69 88% passing 81 81% dribble kanan 50 95% dan dribble kiri 48 01%. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar dribble dalam permainan bolabasket menggunakan metode bermain bagi siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaannya dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus tiga kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek yang ada dalam penelitiannya berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran selama 2 siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan teknik dasar dribble permainan bolabasket mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode bermain. Pembelajaran dilakukan dengan dua siklus masing-masing 3 pertemuan setiap siklus. Tingkat keberhasilan pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan keberhasilan keseluruhan teknik dribble kanan sebanyak 60 6% dan dribble kiri sebanyak 54 8%. Sedangkan tingkat keberhasilan pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik dasar dribble kanan sebanyak 80% dan dribble kiri sebanyak 70 2%. Kesimpulanya melalui penerapan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar dribble dalam permainan bolabasket bagi kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Malang. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dalam menggunakan metode bermain dapat meningkatkan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya pada materi permainan bolabasket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50531

Actions (login required)

View Item View Item